Yakin Adrian Gantikan Alisson

LONDON (Waspada): Manajer Jurgen Klopp dan bek sentral Virgil van Dijk yakin, pengalaman kiper Adrian San Miguel (foto) di ajang Liga Premier dapat membantunya menjadi pilihan pertama Liverpool.

Yakin Adrian Gantikan Alisson
The Star

Adrian yang didatangkan Si Merah dari West Ham United di bursa transfer musim panas ini, promosi menjadi kiper utama karena Alisson Becker rawan absen panjang akibat menderita cedera betis.

"Saya rasa dia (Adrian) memasuki usia matang, baik dalam hidup dan kariernya. Itu bisa membuatnya beradaptasi dengan tim secara mudah," jelas Van Dijk, seperti dilansir Reuters, Minggu (11/8).

Alisson cedera setelah terjatuh menit 36, saat Liverpool menggasak Norwich City 4-1 pada pertandingan pembukaan di Liga Premier di Stadion Anfield, 9 Agustus lalu. Alisson lantas digantikan Adrian yang baru empat hari bergabung untuk menggantikan peran Simon Mignolet yang mandah ke Club Brugge.

Alisson diperkirakan masih absen pada pertandingan Piala Super UEFA melawan Chelsea di Istanbul, Turki, Kamis (15/8) dinihari WIB. Si Merah melakoni laga ini sebagai kampiun Liga Champions, sedangkan Si Biru sebagai jawara Liga Europa.

Van Dijk yakin kiper Spanyol berusia 32 tahun itu memiliki kualitas untuk maju dan tampil menggantikan posisi Alisson. Padahal Adrian hanya membuat lima penampilan di kompetisi piala bagi West Ham musim lalu. Namun total dia telah mencatatkan 150 pertandingan untuk The Hammers, sebelum gabung The Reds.

"Dia sudah melalui banyak hal di Liga Premier. Saya yakin dia akan baik-baik saja bila melakukan hal yang biasa dia lakukan," papar Van Dijk.

"Dia (Alisson) sangat penting bagi kami, tetapi saya tidak tahu seberapa serius cederanya. Kami akan lihat hasil pemeriksaannya beberapa hari mendatang," tambah bek asal Belanda itu.

Menurut Jurgen, Adrian bahkan merupakan solusi sempurna untuk menutupi kepergian Mignolet.

"Saya pikir ini solusi sempurna bagi kami saat ini, terutama dengan bakat dan pengalaman yang ia miliki," klaim Klopp.

“Dengan Ali dan Simon, saya merasa seperti memiliki dua kiper Nomor 1 dan dalam banyak hal kami telah menghadapi Adrian. Ini penting," beber pelatih asal Jerman itu.

Mignolet enam tahun bersama The Reds dan posisinya sebagai penjaga gawang utama tergeser menyusul kedatangan Alisson dari AS Roma. Liverpool kemudian bergerak untuk menambah pengganti dengan mengamankan Adrian yang tiba dengan status bebas transfer.

“Dia penjaga gawang yang tahu Liga Premier dan telah bermain dalam situasi tekanan dan memiliki kualitas tertinggi," puji mantan pelatih FSV Mainz dan Borussia Dortmund tersebut.

"Ini merupakan tugas yang penting untuk diisi, setelah Simon sebagai profesional yang luar biasa berkontribusi untuk klub bahkan ketika tidak berada di starting eleven," pungkas Klopp. (m15/rtr/mrr)