Waspada
Waspada » Sekitar Ka’bah Disterilkan Dari Jamaah
Headlines Internasional WaspadaTV

Sekitar Ka’bah Disterilkan Dari Jamaah

Sekitar Ka’bah Disterilkan
Foto atas dijepret oleh seorang jamaah Aura Umroh asal Medan usai tawaf perpisahan dan ditutupnya sekitar Ka’bah dari kegiatan tawaf pada Kamis siang (5/3/20).(Waspada/Ist)

MEKKAH (Waspada): Pemerintah Kerajaan Arab Saudi akhirnya menutup lantai dasar kompleks Masjidil Haram dan sekitar Ka’bah disterilkan dari jamaah terhitung Kamis (5/3) siang WAS.

Informasi diperoleh Waspada dari jamaah umroh asal Medan, penutupan lantai dasar komplek Masjidil Haram khususnya di sekitar Ka’bah diduga terkait dengan antisipasi penyebaran virus corona yang kemungkinan dibawa jamaah umroh dari berbagai negara.

Pengarah dan Owner Aura Umroh Lily Aswitha yang sedang berada di Makkah mengatakan kepada Waspada, semula 33 jamaah asal Medan yang tergabung dalam Aura Umroh melaksanakan tawaf perpisahan pada Kamis (5/3) siang.

“Sewaktu kami tawaf, masih banyak jamaah dari berbagai negara. Setelah selesai kami tawaf, petugas langsung menutup lantai dasar komplek Masjidil Haram. Jadi, jamaah Aura Umroh yang terakhir tawaf di seputar Ka’bah. Setelah itu, lantai dasar Masjidil Haram ditutup dan sekitar ka’bah disterilkan dari jamaah yang bisa masuk,” ujar Lily.

Informasi yang diperoleh, lanjut Lily, sterilisasi dilakukan hingga 15 Maret mendatang. Sebab, Pemerintah Kerajaan Arab Saudi ingin melakukan pembersihan di seluruh komplek Masjidil Haram.

“Sebenarnya, kebijakan Pemerintah Arab Saudi melakukan pembersihan komplek Masjidil Haram sangat baik bagi umat Islam di seluruh dunia. Karena dua kota suci di Arab Saudi yakni Madinah dan Makkah harus tetap dijaga kesuciannya,” tambah Lily.

Dalam Kondisi Sehat

Mengenai kondisi 33 jamaah asal Medan yang tergabung di Aura Umroh, Lily mengatakan, seluruhnya dalam keadaan sehat dan pelaksanaan seluruh ibadah lancar.

“Allah telah memberikan kemudahan kepada jamaah Aura Umroh dalam beribadah. Lihat saja, kami tiba di Madinah pada Rabu (26/2), keesokan harinya, Kamis (27/2), Pemerintah Kerajaan Arab Saudi menghentikan sementara penerimaan jamaah umroh dari sejumlah negara. Sekarang, kami merupakan jamaah umroh terakhir yang melaksanakan tawaf di Masjidil Haram. Setelah kami selesai tawaf, sekitar Ka’bah ditutup,” ujarnya seraya mengucapkan Alhamdulillah dan rasa syukur kepada Allah SWT.

Lily dan sejumlah jamaah umroh asal Medan menyampaikan terimakasih kepada Pemerintah Kerajaan Arab Saudi.

“Terkait penutupan sementara lantai dasar komplek Masjidil Haram ini, sebaiknya kita berfikiran positif bahwa hal ini untuk kebaikan umat Islam di seluruh dunia. Insya Allah setelah semua berlalu, umat Islam bisa melaksanakan ibadah haji dan umroh lagi,” ujar Lily.

Dari jamaah umroh lainnya, Waspada memperoleh kabar bahwa tawaf masih diperbolehkan di lantai dua dan tiga dan tingkat paling atas.

TV Al Quran Al Kareem menyiarkan suasana shalat magrib berjamaah dari tingkat kedua ke atas. Tidak ada yang shalat di sekitar Ka’bah sebagaimana biasanya. (m25)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2