Waspada
Waspada » Banjir Berlumpur Kembali Rendam Rumah Warga Di Langsa
Aceh Headlines WaspadaTV

Banjir Berlumpur Kembali Rendam Rumah Warga Di Langsa

Luapan banjir dan lumpur menggenangi halaman dayah di Gampong Lengkong, Kecamatan Langsa Baro Kamis (28/1). Waspada/dede
Luapan banjir dan lumpur menggenangi halaman dayah di Gampong Lengkong, Kecamatan Langsa Baro Kamis (28/1). Waspada/dede

LANGSA (Waspada): Banjir disertai sampah dan lumpur kembali merendam rumah warga di Gampong Lengkong dan Komplek Perumnas dan Dusun Bukit Gampong Paya Bujok Seulemak Kecamatan Langsa Baro, akibat curah hujan yang tinggi dan buangan air drainase di kawasan PTPN I Langsa, Kamis (28/1) dinihari.

Akibat luapan banjir berlumpur, beberapa rumah warga mengalami rusak berat dan merusak jalan serta menghancurkan pagar rumah warga karena derasnya air yang mengalir disertai lumpur.

Amatan wartawan, banjir yang menerpa beberapa gampong yang berbatasan dengan kawasan perkebunan PTPN I tersebut disinyalir akibat drainase yang selama ini ada tidak berfungsi lagi, bahkan sudah dialihkan karena pembangunan hutan kota di kawasan Dusun Bukit Gampong Paya Bujok Seulemak Kecamatan Langsa Baro.

Selain itu, akibat rusaknya saluran drainase itu juga menyebabkan rumah-rumah di kawasan lintasan irigasi tersebut terendam banjir berlumpur seperti, Gampong Lengkong, Gampong Karang Anyar, Gampong Paya Bujok Seulemak, Gampong Birem Puntong turut juga terendam banjir

Menurut warga Gampong Lengkong, Hengki, banjir malam ini lebih parah dari kondisi sebelumnya. Air disertai lumpur sangat cepat masuk ke dalam rumah dengan ketinggian hampir satu meter.

“Kondisi banjir parah hari ini, bahkan kami tidak sempat mengangkat barang-barang perabot yang sebelumnya sempat diberalihkan karena banjir kemarin,” sebutnya.

Sementara Kepala Pelaksana BPBD Kota Langsa, Nursal Syahputra, S.STP, MAP melaporkan, ada seorang warga Juminem, 60, warga Lengkong yang mengalami trauma dan pingsan akibat rumahnya yang berkonstruksi kayu rusak parah akibat diterjang banjir. Begitu juga warga lainnya, Ani, 65, warga Gampong Lengkong, pagar rumahnya ambruk

Lanjutnya, Petugas BPBD saat ini sedang di lapangan meninjau lokasi terdampak banjir bandang di Gampong Lengkong dan mengimbau kepada masyarakat agar tetap waspada dan berhati-hati adanya banjir susulan karena intensitas hujan yang cukup tinggi.

Sementara berita ini ditayangkan, kondisi hujan di wilayah Langsa masih terus berlangsung dan air perlahan-lahan mulai surut. Seluruh perangkat gampong di wilayah Kota Langsa dalam kondisi siaga banjir, jika banjir semakin parah. Begitu juga pihak BPBD, SAR, aparat TNI-Polri dalam kondisi siaga. (b13)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2