Walikota Padangsidimpuan Dukung Penuh Penguatan Alokasi Anggaran Pemerintahan Daerah

SEMARANG (Waspada): Walikota Padangsiidimpuan, Irsan Efendi Nasution SH mendukung penuh penguatan alokasi anggaran Pemerintah Daerah untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat, Jumat (5/7).

Walikota Padangsidimpuan Dukung Penuh Penguatan Alokasi Anggaran Pemerintahan Daerah
RAKERNAS Apeksi XIV 2019 ini dapat membawa dampak positif untuk kemajuan Kota Padangsidimpuan kedepannya. Waspada/Ist

Atas pernyataan Mendagri Tjhajo Kumolo saat pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) XIV Tahun 2019 di Ballroom Hotel PO di Kota Semarang, Jawa Tengah, pada Rabu (3/7) lalu.

Menurut Irsan, penguatan anggaran tersebut dapat mempercepat peningkatan kesejahteraan masyarakat, pembangunan sarana dan prasarana dan dapat mengurangi angka kemiskinan serta memperkecil kesenjangan pendapatan masyarakat.

Ia menambahkan, peningkatan anggaran tersebut juga sejalan dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No.130 Tahun 2018 Pasal 3 ayat 1 berbunyi, kegiatan pembangunan sarana dan prasarana kelurahan digunakan untuk membiayai pelayanan sosial dasar yang berdampak langsung pada peningkatan kualitas hidup masyarakat.

Beliau berharap, Rakernas Apeksi XIV 2019 ini dapat membawa dampak positif untuk kemajuan Kota Padangsidimpuan kedepannya," sebut Irsan didampingi Asisten Pemerintahan & Kesejahteraan Iswan Nagabe Lubis dan beberapa OPD di lingkup Pemko Padangsidimpuan saat menghadiri Rakernas Apeksi XIV tersebut.

Sementara itu, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menjelaskan, kegiatan pembangunan sarana dan prasarana kelurahan tersebut meliputi pengadaan, pembangunan, pengembangan dan pemeliharaan sarana dan prasarana kesehatan, pendidikan, transportasi serta prasarana lingkungan pemukiman. Oleh sebab itu, kepala daerah atau dalam hal ini walikota diminta melakukan pembinaan dan pengawasan untuk penyelenggaraan kegiatan di kelurahan.

Selanjutnya, kata Mendagri, bentuk pembinaan bisa dilakukan melalui fasilitas, konsultasi dan diklat. Pengawasan juga perlu dilakukan dengan cara monitoring, evaluasi maupun pemeriksaan.

Sementara itu Ketua Apeksi, Airin Rachmi Diany mengatakan, tujuan digelarnya rapat kerja tersebut adalah membahas masalah-masalah di daerah kota yang ada di Indonesia.

"Kami tidak ingin, ada kota tertinggal, kita sepakat mari berkolaborasi dengan kota-kota lainnya, mari maju bersama-bersama," ucapnya. (c13)