Beredar Video Jenazah Diduga Dikubur Tanpa Protokol Covid-19 - Waspada

Beredar Video Jenazah Diduga Dikubur Tanpa Protokol Covid-19

  • Bagikan
Ilustrasi

MEDAN (Waspada): Beredar video yang memperlihatkan penguburan jenazah diduga positif Covid-19 tanpa menggunakan Standard Operating Procedure (SOP) protokol Covid-19.

Jenazah yang sudah dimandikan dan dibungkus dengan plastik itu tampak dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) yang dilakukan oleh masyarakat umum.

Tidak ada terlihat petugas rumah sakit (RS) yang menggunakan APD (alat pelindung diri) bahkan mirisnya jika memang positif Covid-19 masyarakat yang ada disekitar pemakaman juga tampak tidak menggunakan masker.

Berdasarkan informasi, jenazah pemilik nama Kaliman warga Jalan Krakatau ini sempat mendapatkan perawatan insentif di RS Imelda Medan.

Beliau saat dibawa ke RS itu mengalami sesak nafas yang informasinya memang sudah penyakit lama yang diderita almarhum.

Namun, saat keluarga hendak mengambil jenazah, sempat terjadi bersitegang dengan pihak RS karena petugas RS menyatakan bahwa almarhum Kaliman ini positif Covid-19.

Sehingga proses akan dikuburkan jenazah dimandikan di RS itu dan langsung dibawa ke pemakaman umum.

Saat dikonfirmasi kepada pihak RS Imelda Medan yang disahut oleh dr Imelda menyatakan tidak mendapatkan informasi soal adanya jenazah diduga Covid-19 itu.

Sementara itu, juru bicara satgas penanganan Covid-19 Sumut, Aris menegaskan jika itu memang pasien Covid-19 harusnya dimakamkan sesuai protokol yang berlaku.

Dan pihaknya akan menegur RS tersebut.

“Akan saya tegur RS itu, jika terbukti itu jenazah Covid-19,” tegas Aris pada Rabu (24/3).

Memang dikatakannya jika dimakamkan di perkuburan umum itu tidak masalah, yang menjadi masalah itu jika tidak sesuai SOP proses penguburanya. (cbud)

  • Bagikan