BBKSDA Sumut Buru Buaya Sungai Deli - Waspada

BBKSDA Sumut Buru Buaya Sungai Deli

  • Bagikan

MEDAN (Waspada): Munculnya seekor buaya di Sungai Deli membuat masyarakat Kota Medan dan sekitarnya heboh.

Pasalnya, buaya tersebut direkam warga beredar disejumlah media sosial.

Dalam rekaman video tersebut, buaya tersebut berada persis di bawah jembatan Perumahan Medan Resort City (Mercy) di Kelurahan Gedung Johor, Kecamatan Medan Johor, Kota Medan dekat perbatasan Desa Delitua, Kecamatan Namorambe, Kabupaten Deliserdang.

Munculnya seekor buaya yang sedang berjemur dipinggir Sungai Deli tersebut ditanggapi Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alama (BBKSDA) Sumatera Utara (Sumut).

‘’Kita sudah menurunkan tim ke lokasi penemuan buaya sejak akhir bulan lalu,’’ ucap Kepala BBKSDA Sumut Hotmauli Sianturi kepada wartawan, Rabu (2/9).

Hotmauli menyebutkan hal ini sudah dikonfirmasi ke warga setempat dan memang benar adanya buaya tersebut.

“Memang kami melihat di sosial media bahwasanya ada penampakan buaya di lokasi tersebut. Pada tanggal 31 itu kami sudah tanya sama warga dan memang betul. Namun pada tanggal 31 itu kan hujan deras. Jadi mungkin terbawa arus dia,” ujarnya.

Saat ini tim sudah turun ke lokasi sejak dua hari yang lalu.

Namun belum menemukan buaya tersebut.

“Kita gak tau ya itu asal buayanya darimana. Karenakan sungai itu bukan habitat aslinya. Mungkin akibat banjir, jadi terbawa arus sampai kesitu,” ungkapnya.

Tim BKSDA sendiri setiap seminggu sekali turun ke lokasi untuk mengecek keberadaan buaya tersebut.

Tim juga sudah berkoordinasi dengan masyarakat agar melapor jika kembali melihat buaya tersebut.

“Kami akan terus mengecek ke lokasi. Karena kan banyak aktivitas warga yang terganggu. Apalagi banyak anak disitu kan,” tandasnya. (m29)

  • Bagikan