Vaksinasi Rabies Serentak Di Karo

TANAH KARO (Waspada): Mencegah penularan penyakit rabies melalui gigitan hewan peliharaan masyarakat, Dinas Pertanian Kab. Karo serentak melaksanakan vaksinasi di 17 Kecamatan dengan 15 orang petugas vaksin.

Vaksinasi Rabies Serentak Di Karo
Petugas vaksinasi rabies sedang menyuntik seekor kera peliharaan warga yang disaksikan Kadis Pertanian Ir. Metehsa Kark-karo, Kabid Peternakan drh. Erniwati Lidia MIL, Kades Tanjung Barus Berlin Oke Bangun dan Babinsa dari Koramil Barusjahe


Karena hewan peliharaan warga pembawa rabies yang menular seperti anjing, kera dan kucing di kabupaten Karo jumlahnya sekitar 24.000 ekor. 


Hal ini diungkapkan Kadis Pertanian Kab. Karo Ir. Metehsa Karo-karo didampingi Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan drh. Herniwati Lidia MIL, Selasa (3/9) di Desa Tanjung Barus.


Sedangkan vaksinasi untuk rabies yang tersedia saat ini sejumlah 14.000 dosis. 12.000 dosis berasal dari APBD Karo tahun 2019, sisanya 2.000 dosis subsidi dari Pemprovsu.


Target Dinas Pertanian menyelesaikan vaksinasi di Kabupaten Karo selama satu bulan. "Jadi 70 persen dari jumlah populasi hewan pembawa penyakit menular dapat divaksinasi, berarti sudah memenuhi persyaratan pencehagan", kata Metehsa.
Data dari Dinas Pertanian Bidang Peternakan Kabupaten Karo tambah Erniwati Lidia, tahun 2019 ada empat kasus gigitan anjing.


Di bulan April terjadi di Desa Dolatrayat Kecamatan Dolatrayat korbanya seorang perempuan dan bulan Juli terjadi kasus gigitan anjing di Desa Kidupen Kec. Juhar korbannya dua anak-anak laki-laki dan satu orang perempuan.


Walaupun tidak ada yang meninggal dunia, tetapi mereka dirujuk ke rumah sakit ataupun Puskesmas terdekat dan Dinas Pertanian Kab. Karo langsung melakukan vaksinasi ke daerah itu walaupun belum sampai bulan vaksinasi yang digelar setiap tahun, jelasnya.


Titra Barus salah seorang penduduk desa Tanjung Barus yang memiliki 5 ekor anjing yang telah divaksin mengucapkan terimakasih kepada Pemda Karo, karena biaya vaksin tidak dikutip.


Kades Tanjung Barus Berlin Oke Bangun menyebutkan warganya sangat antusias menyambut vaksinasi terhadap hewan peliharaan penular penyakit rabies, apalagi vaksinasi dilakukan tidak membebani pemilik hewan peliharaan, sebutnya.


Pantauan Waspada di Desa Tanjung Barus yang memiliki lebih 500 KK ini, sangat antusias, selain anjing berjumlah 115 ekor, adapula monyet dan kucing yang divaksin. (cpn