Waspada
Waspada » Meraih Sukses Lewat Bisnis Berbasis Online
Uncategorized

Meraih Sukses Lewat Bisnis Berbasis Online

Meraih sukses di bisnis online.

JAKARTA (Waspada): Selama pandemi, banyak bisnis yang mengalami penurunan drastis.
Bahkan sejumlah industri besar seperti pariwisata anjlok sampai ke titik nadir. Sementara bisnis lainnya paling tidak turun sampai ke angka 40 persenan.

Namun di balik penurunan ini, justru bermunculan bisnis baru berbasis online yang malah moncer. Bisnis tersebut tak lain tak bukan adalah bisnis online di bidang perdagangan—apparel, fashion, food  and beverages, life style sampai ke usaha pendidikan online.

Menhefari, adalah satu diantara sekian banyak orang yang meraih sukses dari usaha online.  Lelaki kelahiran Koto Anau – Sumatera Barat 39 tahun lalu itu, kini sudah memiliki puluhan toko online ternama.

Banyak cerita suka duka mengikuti perjalanan bisnis online-nya. Berawal dari coba-coba sekaligus intuisi yang sangat kuat bahwa bisnis yang terkait internet akan moncer di masa depan, Menhefari yang tak kenal menyerah ini memulai bisnisnya secara online.

 

“Sebenarnya, ketika pertama kali datang merantau ke Jakarta tahun 2005, niat saya ya cari kerja kantoran. Sayangnya saya yang cuma lulusan SLTA nggak diterima di mana-mana. Bahkan melamar jadi OB hotel saja nggak keterima,” ujar Menhefari menceritakan kisah hidupnya hingga berhasil seperti sekarang.

 

Menhefari yang memang tak kenal putus asa ini mulai belajar tentang internet. Dia berkeyakinan, bisnis secara online akan booming. Lelaki yang selain seorang pengusaha dan juga seorang filantropis ini kebetulan sangat melek dunia Teknologi Informasi. Ia belajar secara otodidak, bahkan belajar membuat website pun ia lakukan sendiri. Tekadnya saat itu, ia harus berhasil dan memiliki penghidupan yang layak untuk diri sendiri, keluarga, dan orang lain. “Malu rasanya kalo harus pulang kampung nggak bawa hasil apa-apa. Bisnis online ini memang saya lakukan pada saat desperate. Alhamdulillah bisnis awal membangun website untuk pihak lain berjalan lancar,” tuturnya.

 

Sejak 2005  ia berhasil menjual 1500-an website ke berbagai negara. Yang terbanyak dari Rusia dan Amerika.  Namun, lelaki yang juga pendiri DIMENSI (Digital Marketing Enthusiast Indonesia) lama-lama merasa berat juga menjual website. Perbedaan waktulah yang membuatnya memutuskan untuk berhenti jualan website. Baginya keluarga adalah prioritas. “Karena perbedaan waktu saya menutup bisnis website. Bisa dibayangkan saat transaksi bisnis di sana siang dan di sini tengah malam. Melelahkan juga. Saya lalu memulai bisnis online lain dengan berjualan produk fisik untuk market lokal Indonesia,” tambahnya.

 

Awalnya tentu Menhefari tidak langsung memiliki produk sendiri. Dia pun harus mulai dari awal dengan menjadi dropshipper di beberapa marketplace lalu pindah ke platform Facebook dengan berjualan produk sendiri berupa jam tangan atau arloji. Platform pertama yang ia gunakan adalah Facebook dan kini ia sudah memakai aneka platform termasuk Google dan Tik Tok. Banyak suka duka yang dilaluinya sejak membuka bisnis online untuk produk fisik. Apalagi produknya banyak dijual di sejumlah platform. Kesulitan yang ia hadapi ya soal update barang dan lain-lain, karena faktor sukses di bisnis ini adalah kecepatan dan perubahan yang juga selalu cepat

Salah satu faktor suksesnya adalah karena memilih mitra ekspedia terbaik. Pada awal pandemi, dia sempat menghentikan kegiatan toko sementara, tetapi kemudian berlanjut apalagi ada pilihan mitra ekspedisi yang sangat membantu kelancaran usaha onlinenya.

Pilihan  jatuh pada JX Indonesia yang memberikan banyak kemudahan bagi pengiriman barang-barang toko online-nya. Ada tiga hal yang bermanfaat buat lelaki yang juga dikenal sangat dermawan karena sering membantu orang lain membuka usaha atau memulai bisnis baru.

Ketiga manfaat itu adalah, JX Indonesia memberikan layanan COD (Cash on Delivery), pengambilan barang secara gratis (free pick up) dan tentunya mampu mengantar barang ke seluruh Indonesia.

“Saya sudah pernah pakai semua jasa pengiriman yang ada, namun saya melihat JX Indonesia mampu memberikan yang saya butuhkan dalam proses pengiriman dan pengantaran barang ke konsumen saya dan support-nya adalah yang terbaik,” paparnya.

Dengan sistem COD juga tidak memengaruhi cash flow-nya, karena JX mampu menjaga kelancaran pembayaran. Omzet Menhefari malah menunjukkan tanda-tanda peningkatan selama menggunakan JX, karena komplain keterlambatan kirim atau antar  berkurang.

“JX Indonesia bagi saya adalah mitra ekspedisi terpercaya. Pakai COD kan, tandanya kita mengandalkan asas kepercayaan, banyak detail yang harus diperhatikan, nah JX itu jelas dan sangat detail mengurus sistem COD-nya,”imbuhnya.

Sementara CEO JX Indonesia, Junaidi  berterima kasih karena Menhefari memercayakan bisnis online pada jasa ekspedisinya.

“Bahkan sekarang semakin banyak pebisnis online yang bergabung dengan kami,” tandasnya. (J02)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2