Waspada
Waspada » DPR Minta Kemdikbud Evaluasi Kebijakan Belajar Di Rumah
Uncategorized

DPR Minta Kemdikbud Evaluasi Kebijakan Belajar Di Rumah

JAKARTA (Waspada): Anggota Komisi X DPR RI, Ferdiansyah meminta agar Pemerintah dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengevaluasi secara menyeluruh pelaksanaan kebijakan Belajar di Rumah di tengah pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Pasalnya, dia melihat kebijakan ini banyak mengalami kegagalan, khususnya di tingkat akar rumput.

Salah satu kegagalan yang mengemuka adalah gagap teknologi. Kegagapan teknologi yang terjadi di level akar rumput, lanjut Ferdiansyah, diperburuk dengan tiadanya panduan cepat dari Kemdikbud, sehingga memunculkan persepsi bahwa belajar di rumah sebagai liburan.

“Yang tengah berlangsung saat ini, khususnya pendidikan di tengah pandemi Covid-19 ini, baik di jenjang pendidikan formal maupun nonformal, membutuhkan evaluasi menyeluruh dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,” kata Ferdiyansyah dalam webinar Edutalk `Efektivitas Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Covid-19` pada Senin (18/5).

Hasil evaluasi menyeluruh itu, nantinya dapat dijadikan masukan bagi rencana pemerintah dalam membuat cetak biru (blue print) pendidikan.

Hal itu perlu dilakukan agar ke depannya dunia pendidikan Indonesia tidak tergagap-gagap bila kembali dihadapkan pada kondisi serupa

“Kondisi saat ini harus masuk cetak biru pendidikan, agar tidak gagap lagi kalau ada permasalahan seperti saat ini,” tegas Ferdiansyah

Pasalnya, dia menemukan bahwa banyak sekolah, guru, dan siswa yang belum terbiasa teknologi, sehingga menyebabkan kegiatan Belajar dari Rumah tidak berjalan dengan lancar.

Termasuk juga dalam konteks pembelajaran lewat stasiun televisi di TVRI. Masih banyak daerah yang belum bisa menangkap sinyal TVRI.

Selain gagap teknologi yang terjadi baik di kalangan guru maupun orang tua, yang perlu mendapat perhatian adalah ketersediaan sarana dan prasarana. Saat ini masih banyak sekolah yang belum mendapat fasilitas listrik.

“Masih ada 6 ribuan sekolah yang belum teraliri listrik. Memang ini bukan ranah kemdikbud, tapi bisa jadi satu evaluasi tersendiri untuk dikerjakan bersama sektor terkait,” kata politisi Golkar ini. (j02)

Anggota Komisi X DPR RI Ferdiansyah

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2