UM-Tapsel Bina Rumah Penitipan Anak Di P.Sidimpuan

P.Sidimpuan (Waspada) : Guna untuk terciptanya rumah penitipan anak yang berkualitas, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan (UM-Tapsel) lakukan pembinaan terhadap Rumah Bintang Daycare sebagai salah satu rumah penitipan anak di Kota P.Sidimpuan.

UM-Tapsel Bina Rumah Penitipan Anak Di P.Sidimpuan
Dosen UM-Tapsel Ayu Sabrina Airmin MPd ( 2 kanan belakang) dan Fasilitator LPPM UM-Tapsel Muhammad Agung Permadi (kanan) fhoto bersama dengan guru guru pengasuh Rumah Bintang Daycare P.Sidimpuan.Waspada/ist.

Ketua pelaksana pelatihan dan pengabdian kepada masyarakat, Ayunda Sabrina Airmin MPd, Selasa (3/9) mengatakan  pembinaan terhadap Rumah Bintang Daycare melalui Program Kegiatan Masyarakat stimulus (PKMs) berlangsung selama dua bulan yakni dari Juli sampai Agustus 2019 yang didanai Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti).

Dijelaskan, rumah penitipan anak di P.Siidmpuan cenderung hanya berorientasi pada menjaga anak, tidak menangis, tidak kelaparan dan bisa tidar tanpa program edukasi."Masa balita merupakan masa emas anak yang seharusnya diisi dengan program edukasi yang mampu memacu kecerdasan anak. Untuk itulah perlu dilakukan pelatihan anak bintang, tuturnya. 

Berdasarkan hasil survey, lanjut Ayunda selama ini belum ada rumah penitipan anak (Daycare) yang ramah terhadap anak sehingga dibutuhkan pembinaan. "PKMs ini mengangkat permasalahan para working moms yang kesulitan mencari rumah penitipan anak yang ramah si P.Sidimpuan," Jelasnya. 

Berpijak dari hasil survei itu, pihaknya memilih Rumah Bintang Daycare untuk diberikan pembinaan. Pembinaan dalam bentuk pelatihan itu diisi dengan sembilan materi yakni tentang motivasi sangat bintang, tumbuh kembang balita, temper tantrum, toilet training, edukasi balita, tahfiz Qur'an dan magic English for toodler. 

Kemudian ditambah dengan pelatihan personal branding dan promosi sosial media agar rumah bintang dapat mengembangkan usahanya."Rumah Bintang Daycare kita targetkan menjdi contoh rumah penitipan anak berkualitas di P. S.Siidmpuan dan sebagai panduan kedepan diberikan buku saku anak bintang kepada pengasuh anak, " ungkap Ayunda. 

Ketua LPPM UM-Tasel Abu Bakar MSi diwakili Fasilitator LPPM, Muhammad Agung Permadi MSi menjelaskan tercatat sebanyak 14 dosen yang mendapat dana penelitian dari LLDikti hanya 1 dosen yang berhasil menang pada skim pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk PKMs yakni Ayunda Sabrina Airmin. (Cml/B).