Turis Asal Spanyol Meninggal Di Sabang

SABANG (Waspada): Turis mancanegara asal Spanyol Francisco Javier Garcia, 53 tahun, meninggal dunia di taman laut Pulau Rubiah Sabang, Kamis (22/8) malam. 

Turis Asal Spanyol Meninggal Di Sabang
Jenazah WNA asal Spanyol Francisco Jevier Garcia disemayamkan di RSU Sabang. Waspada/Ist

Menurut laporkan dari masyarakat Iboih, Sabang, warga negara asing (WNA) asal Spanyol itu meninggal dunia terkena baling-baling kapal. 

Korban memiliki paspor nomor PAJ25184, date D'Expration of 14 Mei 2029, saat kejadian dia sedang asyik snorkeling di sekitar taman laut Pulau Rubiah persis di antara bungalow milik Olala dan Mr. Bean. 

Sementara sekira pukul 18.15, seorang tekong boat Muchtar mendapat telepon dari langganannya minta dijemput di dermaga Tepi Laye. Muchtar yang seharinya berprofesi sebagai pengantar jemput tamu wisata, bergegas dari bungalow Iboih Inn menuju dermaga Tepi Laye. 

Namun dalam pelayaran di antara bungalow Olala dan Mr. Bean, Muchtar terkejut seperti menabrak sesuatu, karena sore itu menjelang maghrib cuaca tampak agak gelap. 

Muchtar menghentikan boatnya, ternyata dia melihat sosok turis asing sedang snorkening yang dia tabrak. Muchtar, karena sendiri tak sanggup mengangkat korban dan diapun minta bantu pemilik boat lain yang sedang melintas untuk mengangkat korban dan dibawa ke dermaga Tepi Laye. 

Sekira pukul 20.00, korban berhasil dievakuasi ke Puskesmas Gampong Iboh untuk mendapatkan pertolongan medis. Namun karena banyaknya pendarahan di bagian lengannya akibat terkena baling-baling boat, korban tak bisa diselamatkan, dalam perjalanan menuju Puskesmas ia menghembuskan nafas terakhir.

Setelah dilakukan pemeriksaan secara medis, jenazah dibawa ke Rumah Sakit Umum Sabang untuk disimpan di kamar jenazah sambil menunggu prosesi pemulangan ke negara asalnya. (b31)