Waspada
Waspada » SEI BAH BOLON “GREEN CANYON” Sumut…
Lapsus Nusantara Travel

SEI BAH BOLON “GREEN CANYON” Sumut…

Sungai Sei Bah Bolon kini menjadi favorit pencinta rafting yang penuh tantangan. Pada masa adaptasi baru Pandemi Covid-19, Sei Bah Bolon semakin ramai dikunjungi wisatawan khususnya dari Kota Medan dan Sumatera Utara. Selian mencoba tantangan, juga ingin merasakan suasana alam perairan dari kejenuhan stay home akibat wabah virus Corona.

Air yang jernih melintasi Siantar, Tebing Tinggi, Serdang Bedagai, itu menjadi sensasi tersendiri bagi pecinta rafting. Halnya, pekan lalu, 74 Orang komunitas rafting yang menamakan dirinya sebagai petualang alam berkumpul sejak pukul 08.00 WIB, di salah satu pusat perbelanjaan di Kota Tebingtinggi dan Repoli Manurung pengelola arung jeram Medan Rafting sudah stand by sejak pagi hari

Tentu saja, perlengkapan atau peralatan pribadi juga disiapkan. Bagi perafting yang akan menelusuri sensasi riak air disarankan mengenakan celana pendek, kaos oblong, sendal gunung, dan tentu rompi air yang telah disiapkan pengelola arung jeram.

Saat perjalanan menuju Sei Bah Bolon, Anda akan tercengang menyaksikan aliran sungai yang begitu jernih seakan tak tersentuh limbah dan erosi. Di kawasan Kecamatan Sipispis yang masih asri ada sungai seindah Green Canyon. Setelah melewati kawasan Dolok Masihul, pemandangan hanyalah perkebunan sawit dan karet. Sementara, sebagian besar ruas jalan di Kecamatan Sipispis akan menjadi kubangan saat hujan, dan akan menghasilkan debu yang pekat saat kemarau.

Terlepas dari kekurangan sarana prasarana yang kurang mendapat perhatian baik Pemda setempat maupun Pemprov Sumut, Anda memang harus berjuang namun harus percaya bahwa keindahan itu akan tiba menyirnakan perjalanan Anda.

Berbagai cerita legenda, Anda akan menyaksikan sungai yang berhulu di Pegunungan Simbolon, Kabupaten Simalungun, terdapat pemandian para bidadari.

Dua jam perjalanan, petualangan Anda bersama keluarga atau teman teman dapat dimulai dengan merasakan hawa sejuk dengan desiran air sungai yang terus bersahutan.

Sensasi keindahan alam dengan hutan hutan hijau mengawali start Anda dari Desa Sambosar Selawar, Raya Kahean, Kabupaten Simalungun. Olahraga wisata alam ini anda merasakan sensasi arung jeram, hingga berakhir di basecamp Medan Rafting di Kawasan Desa Buluh Duri, Sipispis, Kabupaten Serdang Bedagai. Saat arung jeram, di atas permukaan air yang penuh sensasi Anda berteriak sebisanya ketika melintasi arung jeram dengan desiran air memuncrat ke perahu membasahi tubuh Anda. Meski histeris,tapi Anda merasakan sensasi penuh selama menelusuri arung jeram Sei Bah Bolon. Deras riak gelombang air tak jarang Anda terguling dengan perahu. Keseimbangan memang amat sangat diperlukan saat berarung jeram. Skipper rafting kerap berteriak “Dayung…. daryung…. dayung” memberi semangat Anda.

Air sungai seakan tak hentinya bergelombang ganas di antara bebatuan besar menjadi keseruan tersendiri.

Tak kalah serunya berarung jeram, pesona Sei Bah Bolon langsung dapat Anda saksikan keindahan alam seperti, Green Canyon, Air Terjun Bagula, Magic Wall, mata air gunung yang bisa diminum, Batu Kodok (batu alami yang menyerupai kodok).

Selain itu, Anda juga bisa menyaksikan kehidupan satwa liar yang dilindungi. Di sisi kiri dan kanan sungai, jauh di atas tebing terlihat kawanan monyet bergerombol. Ada juga monyet langka yang disebut kya-kya di habitat daerah aliran Sei Bah Bolon.

Di tengah-tengah perjalanan, skipper menghentikan perjalanan untuk sejenak beristirahat sambil menikmati kudapan tradisional. Uniquenya lokasi tempat istirahat, Anda dapat bermain akar pohon layaknya Tarzan “Auooo……..” Kemudian melompat atau menceburkan diri ke dalam jernihnya air Bah Bolon.

Usai beristirahat, Anda kembali dibawa ke sebuah tempat yang cukup aneh di pinggiran sungai ada hamparan pasir putih yang tak lazim terdapat di lokasi arung jeram. Di seberang hamparan pasir, terdapat batu yang tinggi. Anda pun bisa meloncat dari atas batu setinggi 7 meter, “Byurrr…..” Anda langsung disambut air mengeluarkan ombak dan riak kecil.

Selama hampir 6 jam bersahabat dengan sungai dan alam Sei Bah Bolon, Anda tiba di titik finish, menjadikan suatu pengalaman yang berharga bagi Anda.
(Muhammad Faisal)

Teks gambar

Repoli Manurung….Pengelola Medan Rafting Sei Bah Balon

Irul Instruktur di Rafting Bah Bolon, mencoba bermain Kano..

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2