Tolak Kenaikan BPJS, Ratusan Buruh Di Sergai Blokir Jalinsum

SEIRAMPAH (Waspada): Aksi yang meminta kepada Presiden dan DPR RI agar mencabut  Perpres nomor 75 tahun 2019 tentang kenaikan iuran BPJS, karena berdampak pada penurunan penghasilan buruh, diwarnai aksi pemblokiran Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) di depan kantor Bupati Sergai di Desa Firdaus Kec. Sei Rampah, Senin (18/11).

Tolak Kenaikan BPJS, Ratusan Buruh Di Sergai Blokir Jalinsum
RATUSAN buruh ASPBB-SB saat aksi memblokir jalan menolak kenaikan BPJS di Jalinsum Medan Tebing Tinggi, tepatnya di depan kantor Bupati Sergai, Senin (18/11). Waspada/Edi Saputra

Aksi pemblokiran jalan tersebut yang dilakukan ratusan buruh tergabung dalam wadah Serikat Pekerja Buruh Bersatu Sergai (ASPBB-SB), sempat membuat Petugas Satlantas Polres Sergai bekerja ekstra mengatur lalulintas yang hanya satu jalur.

Koordinator aksi AS Tanjung dalam orasinya  minta menindak tegas perusahaan memberikan upah di bawah ketentuan, salah satunya PT. Gasindo yang menerapkan upah di bawah sektor, begitu juga perusahaan tambak udang, kilang padi jika tidak Pemkab Sergai cabut izin perusahaannya.

Orasi senada disampaikan M. Lui Nasution dari FSPMI Sergai, bahwa persoalan upah minimum di Sergai jauh lebih rendah dibanding Kab. Batu Bara, Deli Serdang dan Medan. Ini jelas membuat kesenjangan kesejahteraan terjadi di Sergai. Dengan upah minimum yang dirumuskan hanya untuk kebutuhan hidup seorang lajang jelas tidak mampu untuk mencukupi kebutuhan hidup bagi buruh dan keluarga.

Tidak adanya tanggapan dari pihak Pemkab Sergai membuat ratusan buruh tetap bertahan di badan jalan hingga terjadi kemacetan panjang hampir 30 menit, setelah itu aksi buruh dilanjutkan ke kantor DPRD Sergai diterima ketua DPRD Sergai dr. M Risky Ramadhan.

Buruh meminta DPRD Sergai menyampaikan tuntutan mereka guna mencabut Perpres nomor 75 tahun 2019, diterima dr. Risky Ramadhan yang berjanji akan menampung seluruh aspirasi buruh untuk  diteruskan ke tingkat atas.

Sebelumnya ratusan buruh yang berkumpul di lapangan bola Desa Firdaus berjalan kaki ke kantor Pemkab Sergai, dilanjutkan ke kantor DPRD Sergai dengan pengamanan dari pihak Polres Sergai dan Sat Pol PP Kab Sergai. (c03)