Scroll Untuk Membaca

Teknologi

Smartfren Catat Kenaikan Trafik Internet 10% Periode Ramadhan-Lebaran

MEDAN (Waspada): PT Smartfren Telecom Tbk. (FREN) mencatat adanya kenaikan trafik internet sebesar 10 persen selama periode Ramadhan dan Lebaran 2022. Lonjakan trafik tersebut dipicu oleh meningkatkan kebutuhan internet untuk mengakses layanan streaming video maupun musik, hingga media sosial.

VP Network Operations Smartfren Agus Rohmat mengatakan, sejak awal tahun, perusahaan telah secara bertahap melakukan peningkatan kualitas jaringan dengan cara perluasan coverage dan optimasi jaringan.

Scroll Untuk Lanjut Membaca

Smartfren Catat Kenaikan Trafik Internet 10% Periode Ramadhan-Lebaran

IKLAN

Dengan begitu, sambung dia, ketika memasuki Ramadhan, seluruh aspek jaringan telah siap untuk mengantisipasi potensi lonjakan trafik yang mungkin terjadi.

“Adapun sepanjang Ramadhan, momen mudik dan Hari Raya Idul Fitri 1443 H terjadi lonjakan trafik internet hingga 10 persen, untuk layanan SMS juga terjadi kenaikan sebesar 8 persen, demikian juga layanan voice terjadi kenaikan 25 persen dibanding Lebaran tahun sebelumnya,” kata Agus, Jumat (13/4/2022).

Dia menambahkan, kenaikan trafik internet yang signifikan juga terlihat dari akses aplikasi Tiktok yang naik sebesar 18 persen dan WhatApps sebesar 13 persen. Kedua aplikasi tersebut banyak digunakan pelanggan Smartfren selama periode mudik dan Idul Fitri.

Meski begitu, Agus mengklaim kenaikan trafik internet kali ini dapat diantisipasi dengan baik dan masyarakat bisa terus menikmati layanan internet terbaik dari Smartfren.

“Jaringan telekomunikasi Smartfren telah dirancang menggunakan desain full redundant dan memiliki teknologi switch over sehingga perubahan kebutuhan kapasitas bisa disesuaikan dengan cepat,” ujar dia.

Lebih lanjut Agus memerinci, mayoritas kenaikan trafik terjadi di sepanjang jalur mudik, hingga menyebar ke berbagai kota tujuan mudik terutama di daerah Jawa Barat (10 persen), Jawa Tengah (18 persen) dan Jawa Timur (6 persen). Bahkan, kenaikan juga terjadi di beberapa kabupaten di Jawa Tengah dan Jawa Timur yang mencapai di atas 60 persen.

Adapun berkat rangkaian upaya antisipasi yang dilakukan, Smartfren, kata Agus, berhasil memperkecil jumlah keluhan pelanggan terkait jaringan hingga sebesar 60 persen selama periode Lebaran.

“Kondisi network juga tidak ada incident critical yang menyebabkan gangguan terhadap jaringan,” tuturnya. (m31)

Update berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran favoritmu akses berita Waspada.id WhatsApp Channel dan Google News Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp dan Google News ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE
Accessibility