Waspada
Waspada » Redmi 8 yang Pas untuk Anak Muda
Ekonomi Teknologi

Redmi 8 yang Pas untuk Anak Muda

SEPERTI yang sudah kita ketahui, Redmi merupakan seri yang termasuk terpopuler dari Xiaomi untuk pasar Indonesia. Baru-baru ini Xiaomi meluncurkan lini produk terbaru dari Redmi yaitu Redmi 8 series, yang telah mendapatkan peningkatan dari berbagai aspek, bukan hanya dari spesifikasi.

Salah satu dari seri ini adalah Redmi 8.

Redmi 8 sangat tepat buat para anak muda yang mengincar smartphone ramah kantong tapi tetap bisa diandalkan untuk kebutuhan harian. Apa saja keunggulannya?

Desain Premium

Redmi 8 mengusung desain bodi yang keren. Oleh karena itu, Anda akan menemukan elemen warna yang premium pada tubuhnya yang glossy. Unit yang kami jajal adalah Ruby Red, merah terang tetapi tidak memberikan kesan murahan. Material unibody-nya menggunakan plastik, tetapi saat dipegang, terasa kualitasnya cukup baik.

Baluran warna ini juga memantulkan warna yang cantik. Kesan premium juga muncul pada tulisan “Design by Xiaomi” di tengah bodi belakang. Dua komponen kamera terbungkus dalam satu bingkai hitam, tak jauh darinya ada tulisan Redmi dengan bingkai tipis berwarna hitam.

Di tengahnya Anda juga bisa melihat pemindai sidik jari yang cukup besar. Redmi 8 menyediakan tombol volume dan power di pinggir kanan, slot triple SIM di sisi berlawanan.

Pinggir bawah terpasang port USB-C, jack audio 3,5mm, lubang mikrofon, dan lubang speaker. Terakhir, pinggir atas yang menyediakan inframerah dan mikrofon.

Untuk tampilan depan, Redmi 8 tidak berbeda dengan model Redmi lainnya. Layar 6,22 inci dengan rasio layar ke bodi 81,8 persen untuk menghasilkan bezel yang tipis. Di sisi bawah ada logo Redmi warna perak. Sementara komponen kamera depan dibungkus dengan poni, dan speaker terpasang tipis di pembatas bodi.

Kualitas Jepret yang Memadai

Dibanderol pada harga mulai dari Rp1.699.000 Xiaomi membekali Redmi 8 dengan spesifikasi kamera belakang ganda 12MP+2MP. Kamera selfie di depan memakai lensa 8MP.

Dual camera di belakang berkemampuan 12 MP, f/1.8, dan satu kamera 2MP untuk fungsi bokeh. Sedangkan kamera depan diberi kemampuan 8 MP, f/2.0.

Kamera belakang ini cukup memuaskan untuk kelasnya. Kualitas fotonya tajam dengan warna yang cukup kaya dan memadai untuk pamer di media sosial. Dengan dukungan teknologi AI portrait dan AI scene detection, mampu menghasilkan foto yang bagus tanpa banyak usaha.

Dan tentu saja fitur HDR (High Dynamic Range) yang sudah jamak ditemui. Kamera Redmi 8 memiliki fitur ini dengan pilihan aktif, auto, dan mati. Anda dapat memanfaatkannya untuk hasil  foto dengan luminosity lebih baik. Biasanya untuk mendapat efek foto yang dramatis.

Hasil jepretan Redmi 8

Formula Snapdragon 439, RAM, dan Baterai Gede

Pada bagian dapur pacu, Redmi 8 ditenagai chipset Qualcomm dengan Snapdragon 439 (12 nm) Octa-core (2×1.95 GHz Cortex-A53 & 6×1.45 GHz Cortex A53). Ditambah kebutuhan grafis dari Adreno 505. Termasuk irit konsumsi dayanya.

Prosesor itu berduet dengan pilihan RAM sampai 4GB dan memori sampai 64GB. Dengan kombinasi ini Redmi 8 mampu menangani berbagai aktivitas multitasking dengan lancar. Begitu juga untuk memainkan gaming casual sekelas Asphalt 8 dan PUBG. Dengan settingan yang sesuai, aktivitas gaming tidak akan terganggu. Suhu yang dihasilkan masih bisa ditoleransi.

Sementara untuk baterai, Redmi 8 menawarkan kapasitas daya 5.000 mAh. Kapasitas yang sangat besar di kelasnya ini membuat Redmi 8 jauh lebih unggul dibandingkan beberapa kompetitor. Ditambah lagi kemampuan fast charging sampai 18W pada port USB Type-C yang biasanya hanya ada pada smartphone di kelas atasnya.

Baterai Redmi 8 mampu bertahan hingga 17 jam dalam pengujian baterai PC Mark. Ini memastikan Anda tidak perlu mengisi baterainya hingga satu hari pemakaian, dengan skenario sering membuka media sosial atau menonton film lewat YouTube.

MIUI 11 yang Lebih Personal

Redmi 8 mengadopsi antarmuka terkini buatan Xiaomi. MIUI 11 ini menggunakan Android 9 sebagai dasar, dengan kustomisasi mendalam dari aspek desain ikon, fitur tambahan, sampai elemen warna khas MIUI.

Antarmuka ini tidak menghapus fitur esensial yang sudah menjadi bawaan Android, dan menambah beberapa fungsi yang membuat penggunanya mengakses beberapa informasi yang lebih personal. Dari beberapa fitur tersebut, saya melihat ada tiga fitur yang tampil beda dari antarmuka merek lainnya.

Fitur pertama adalah Emergency SOS. Menu ini tersedia secara terpisah pada bagian Pengaturan. Sesuai namanya, Redmi 8 bisa mengaktifkan dan mengirimkan pesan darurat kepada kontak telepon yang dipilih.

Akses izin aplikasi kini juga bisa dilihat secara spesifik pada menu Permissions. Pada menu yang menjadi fitur unik kedua ini, Anda bisa melihat aplikasi apa saja yang mendapatkan akses ke perangkat tertentu, seperti kamera, daftar kontak, sampai memori penyimpanan.

Permissions memberikan informasi akses apa saja yang telah diizinkan untuk satu aplikasi. Pengguna juga dapat menentukan aplikasi yang bisa berjalan setiap ponsel baru menyala.

Beralih ke fitur ketiga. Ada shortcut yang menampilkan beberapa informasi penting terkait smartphone dan informasi yang sedang ramai di internet.

Garansi

Kini Xiaomi melangkah lebih jauh lagi untuk memberikan service yang memuaskan dan menenangkan bagi para Mi Fans dan pengguna smartphone-nya, yaitu dengan memberikan layanan garansi sampai 24 bulan. Dimana garansi yang diberikan terbatas hanya digunakan untuk produk Xiaomi yang dibeli secaa resmi dengan ketentuan yang berlaku*.

* Untuk telepon genggam, tablet dan aksesoris yang rusak selama penggunaan yang normal dan sesuai dengan kebijakan perusahaan, Xiaomi akan memberikan layanan perbaikan dan/atau penggantian secara gratis selama masa garansi.

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2