JAKARTA (Waspada): Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) mencatat lonjakan trafik data sebesar 21% selama periode Idulfitri 1446 H dibandingkan hari biasa. Lonjakan ini dipicu oleh tingginya penggunaan aplikasi digital, dengan lima aplikasi terpopuler yakni WhatsApp, TikTok, Facebook, YouTube, dan Instagram.
Tak hanya nasional, Sumatera menjadi salah satu kawasan dengan pertumbuhan trafik data paling signifikan. Di wilayah Metro–Kotabumi, Sumatera Selatan, Indosat mencatat peningkatan trafik hingga 40%. Baturaja dan Bandar Lampung menyusul dengan kenaikan sekitar 30%.
Untuk Sumatera bagian Utara, Padang Sidempuan dan Aceh mencatatkan lonjakan hingga 36%, sedangkan di Sumatera bagian Tengah, kota Padang menempati posisi tertinggi dengan kenaikan 30,2%, diikuti oleh Jambi dan Pekanbaru.
“Lonjakan trafik terbesar kami catat saat arus balik, tepatnya pada 4 April 2025,” ujar Desmond Cheung, Director and Chief Technology Officer Indosat Ooredoo Hutchison dalam siaran persnya, Jumat (11/4).
Selain Sumatera, kota-kota lain di berbagai wilayah Indonesia juga mengalami lonjakan signifikan. Di Jakarta Raya, Bogor, Pandeglang, dan Sukabumi jadi tiga kota teratas. Jawa mencatatkan Garut, Kebumen, dan Madiun sebagai penyumbang trafik tertinggi, sementara di Bali dan Nusa Tenggara, Flores Timur, Sumbawa, dan Lombok mendominasi. Tak ketinggalan, Singkawang, Bone, Gowa, dan Palu ikut mendongkrak trafik dari wilayah timur Indonesia.
Indosat memastikan jaringannya tetap andal dan merata dengan menambah 9.600 kapasitas site baru, mengoperasikan 1.500 BTS tambahan serta 53 Mobile BTS di titik strategis seperti stasiun, terminal, rest area, dan destinasi wisata.
Mengusung sistem canggih INFINITE (Intelligent Network for Innovative and Transformational Experience) berbasis AI, Indosat mampu mengelola lonjakan trafik dengan efisien dan memastikan konektivitas pelanggan tetap stabil di momen penting seperti Lebaran.
Namun, di balik teknologi canggih, ada ribuan tangan yang bekerja tanpa henti. Lebih dari 3.000 engineer dan teknisi siaga di lapangan, termasuk di DIOC (Digital Intelligence Operations Center), memastikan koneksi tetap terjaga.
“Kami belum bisa berkumpul bersama keluarga di Lebaran, tapi ini bukan sekadar pekerjaan. Kami merasa terhormat menjadi bagian dari penghubung kebahagiaan jutaan pelanggan,” ungkap Imam Susanto, teknisi Indosat di jalur mudik Semarang.
Indosat menegaskan bahwa di balik jaringan yang kuat, ada komitmen besar untuk mendukung gaya hidup digital masyarakat Indonesia.
“Kami tidak hanya membangun jaringan, tetapi juga kepercayaan. Momen Idulfitri ini adalah bukti nyata komitmen kami dalam menghadirkan layanan digital terbaik untuk seluruh pelanggan,” tutup Desmond. (m31)
Update berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran favoritmu akses berita Waspada.id WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaZRiiz4dTnSv70oWu3Z dan Google News Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp dan Google News ya.