Waspada
Waspada » Inilah Alasan Mengapa Redmi 8A Layak Dibeli
Ekonomi Teknologi

Inilah Alasan Mengapa Redmi 8A Layak Dibeli

REDMI 8A yang dirilis Xiaomi pada akhir tahun lalu, merupakan smartphone dengan harga terjangkau tetapi sudah dibekali dengan fitur-fitur yang banyak dipakai di smartphone kelas di atasnya. Dengan harga Rp1.399.000, Redmi 8A hadir dengan tampilan premium dan kecerdasan yang pantas.

Salah satu kelebihannya yang hendak kami soroti di sini adalah dual-split multitasking. Apa ini? Fitur dual-split multitasking memungkinkan pengguna Redmi 8A dapat menjalankan dua aplikasi secara bersamaan dalam satu layar. Misalnya saja menjalankan WhatsApp sekaligus dengan YouTube secara berdampingan.

Namun perlu diingat, bahwa tidak semua aplikasi mendukung fitur ini. Untuk mempermudah aktivasi fitur dual-split multitasking maka kamu dapat mengatur tombol pintasannya seperti menekan lama tombol Recent, Home, atau Back sesuai selera kamu.

Tapi ingat, bukan itu saja keunggulan Redmi 8A. Walau dibanderol dengan harga terjangkau, Redmi 8A didesain dengan cantik. Tubuhnya dibalur warna-warna matte yang selain mencegah sidik jari membekas, juga tampak premium. Lengkungan di sisi tubuhnya membuat smartphone ini nyaman digenggam dengan satu tangan.

Pada bagian belakang disematkan satu kamera berlensa 12MP dan LED Flash yang disusun secara vertikal dengan tulisan Redmi dan “Designed by Xiaomi” yang memberikan kesan premium.

Beralih ke bagian depannya, terdapat layar Dot Drop dan kamera selfie 8MP. Menuju sisi bawahnya terdapat port jack audio 3,5mm, USB Type-C, dan lubang speaker. Sementara itu terdapat tombol volume dan power yang ditempatkan secara berdampingan di sisi kanan. Terakhir, di sisi kiri terdapat slot kartu yang mendukung dua kartu SIM dan satu microSD untuk memberikan tambahan penyimpanan sampai 512GB.

Layar

Redmi 8A dibekali layar dengan lebar 6,22 inci yang mempunyai resolusi HD (1520 x 720 piksel) dan teknologi IPS LCD yang memungkinkan kamu masih dapat melihat konten pada layar hingga sudut kemiringan 178 derajat.

Layar depan Dot Drop menyimpan kamera selfie 8MP. Untuk meminimalisir terjadinya goresan, kaca Corning Gorilla Glass 5 pun telah melapisi layar smartphone ini.

Terdapat juga fitur Reading Mode yang mampu mengurangi radiasi sinar biru untuk melindungi mata. Fitur yang satu ini dapat diaktifkan langsung dengan memilih menu berlambang mata di menu Quick Settings.

Kamera

Redmi 8A punya kamera tunggal beresolusi 12MP di belakang. Meski tunggal, dengan bantuan teknologi AI, kamera ini mampu menghasilkan foto-foto dengan tampilan yang memuaskan. Untuk kamera depannya mempunyai resolusi 8MP yang dapat mengakomodasi foto selfie atau video call dengan lumayan baik. Kamera depan ini diperkuat teknologi AI portrait untuk menghasilkan selfie portrait dengan efek bokeh yang lumayan.

Baterai

Sebagai smartphone yang dijual dengan harga Rp 1 jutaan, Redmi 8A ini sudah dibekali dengan baterai 5.000mAh yang diklaim oleh Xiaomi mampu bertahan selama 3 hari dalam pemakaian normal.

Seperti biasanya, saya pun langsung menguji Redmi 8A dengan menggunakan mode Work 2.0 Battery pada aplikasi PC Mark for Android yang dimulai dari kondisi baterai 100% dan tingkat kecerahan layar sebesar 50%. Mode Work 2.0 Battery akan mensimulasikan pemakaian sehari-hari pada perangkat ini ketika proses benchmark sedang berlangsung.

Sebagai smartphone dengan baterai berkapasitas jumbo, Redmi 8A berhasil mendapatkan skor yang mencapai 17 jam 18 menit. Hal ini membuktikan bahwa smartphone ini mempunyai daya tahan baterai yang lama.

Smartphone ini juga mampu bertahan selama 33 jam 51 menit dengan Screen-on-Time mencapai 24 jam dari kondisi baterai 100% hingga 6% ketika digunakan dalam aktivitas sehari-hari dengan kondisi kecerahan layar 50%.

Dengan Screen-on-Time setinggi ini, dapat terlihat kalau Redmi 8A memang mampu digunakan dalam waktu lama hingga melebihi satu hari pemakaian normal. Namun untuk pengisian daya baterai dari Redmi 8A cukup lama, yakni mencapai 3 jam 20 menit dari kondisi 6% ke 100%.

Jangan lupakan fitur yang jarang ada di smartphone sekelasnya, yaitu port USB Type-C. Ini memberikan nilai tambah yang menguntungkan bagi pengguna Redmi 8A.

Fitur Face Unlock

Untuk mengamankan smartphone ini, Xiaomi membekali Redmi 8A dengan fitur Face Unlock untuk membuka kunci layar hanya menggunakan wajah. Fitur ini mampu mengenali wajah dengan cepat. Bahkan pada kondisi minim cahaya atau malam hari pun, fitur ini masih dapat mengenali wajah berkat tingkat kecerahan layar yang dinaikkan.

MIUI 11

Setelah mengaktifkan Redmi 8A, ternyata langsung muncul notifikasi untuk melakukan update secara OTA (Over-The-Air) dari MIUI 10 ke MIUI 11. Sekilas, MIUI 11 yang hadir pada perangkat ini masih menggunakan sistem operasi Android 9 Pie.

Fitur-fitur yang biasa hadir di MIUI mulai dari dual-split multitasking, screenshot tiga jari, dan Dual Apps. Sementara fitur screenshot tiga jari akan secara otomatis aktif sejak kamu pengaturan Redmi 8A pertama kali dilakukan. Dengan hadirnya fitur ini, dapat melakukan screenshot secara cepat dengan hanya menyapu layar dari bagian atas ke bawah menggunakan tiga jari yang dirapatkan.(m44)

 

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2