Tanjungbalai Benahi Kawasan Water Front City

TANJUNGBALAI (Waspada): Pemko Tanjungbalai menata kembali kawasan Water Front City yang berada di tepian sungai Asahan, Jalan Asahan, Kec. Tanjungbalai Selatan.

Tanjungbalai Benahi Kawasan Water Front City
Waspada/Rahmad F Siregar Wali Kota Tanjungbalai HM Syahrial meninjau penataan Water Front City atau kota di tepian air sungai Asahan. Kawasan ini diharap menjadi ikon Tanjungbalai sebagai pusat rekreasi dan wisata.

Proyek kota di tepian air ini diluncurkan masa Wali Kota Tanjungbalai Sutrisno Hadi, dan sempat terhenti pasca roda pimpinan dikendalikan Thamrin Munthe. 

" Pembangunan water front city sudah digarap hampir puluhan tahun, kurang lebih 19 tahun dan sebagian besar bangunannya menghadap ke sungai," kata Wali Kota Tanjungbalai Muhammad Syahrial saat meninjau proyek penataan kawasan Water Front City Selasa (15/10) sore. 

Lebih lanjut dikatakan Syahrial, jika sebelumnya bangunan menghadap sungai, maka kini diubah menjadi membelakangi sungai sehingga lebih rapi dan mampu menjadi ikon Kota Tanjungbalai sebagai pusat rekreasi dan wisata. 

“Sejauh ini yang saya pantau pengerjaannya sudah baik. Tinggal penataan kawasan yang lebih tertata rapi, asri, indah dan nyaman sehingga nantinya saat masyarakat berkunjung ke lokasi ini akan merasa betah dan mendapat kesan terbaik,” ujarnya. 

Menurut Syahrial, kawasan ini akan dijadikan untuk penataan bantaran sungai, salah satunya , ruang terbuka hijau dan kawasan wisata asri. " Ini bakal menjadi kawasan asri baru dan menarik kunjungan wisata di Kota Tanjungbalai," ungkap Wali Kota. 

Mengenai sungai Asahan, menurut Syahrial juga akan ditata, termasuk kapal-kapal nelayan yang bersandar atau melabuh jangkar dan pembersihan kawasan sungai sehingga tidak tercemari sampah. 

" Bersih dan rapi,  hal ini yang paling utama dan paling penting,” pungkas Syahrial. (a14)