Tanah Wakaf Akan Diambil Alih , Kaum Ibu Baca Yasin 41

MEDAN (Waspada) : Merasa resah adanya pihak yang ingin menguasai Tanah Wakaf Yayasan Asrama Putri Dan Rumah Sakit Bersalin Islam di Jalan Sei Arakundo No.40 Seisikambing D, Medan Petisah, ratusan kaum ibu menggelar baca yasin 41. 

Tanah Wakaf Akan Diambil Alih , Kaum Ibu Baca Yasin 41
Kaum ibu berada di Yayasan Asrama Putri Dan Rumah Sakit Bersalin Islam untuk membacakan Alquran Yasin 41 mengharap pembelaan Allah SWT atas tanah wakaf yang selama ini untuk kepentingan sosial. Waspada/Anum Saskia

"Jelas saja kami resah.Ini Tanah Wakaf akte ikrar wakafnya sudah ada,penetapan Pengadilan Negeri Medan juga sudah ada tapi kenapa ada yang akan menyerobot tanah wakaf ini. Kami sebagai kaum ibu harus ikut mempertahankan tanah wakaf ini, bermohon pada Allah agar tanah wakaf ini tetap milik umat Islam,"kata peserta kegiatan Mariani akrab disapa Bunda Nani.

Disebutkanya Tanah Wakaf Yayasan Asrama Putri Dan Rumah Sakit Bersalin Islam di Jalan Sei Arakundo No.40 Seisikambing D, Medan Petisah, adalah tempat para ibu yang sedang hamil untuk periksa kehamilan secara berkala tanpa dipungut bayaran.

Selain itu,kata dia, tempat ini difasilitasi oleh donatur yang menyediakan peralatan untuk pemeriksaan kesehatan gratis.  "Tapi saat ada  pihak yang mengklaim ini tanah mereka dan berurusan ke pengadilan, tentu saja kami terkejut. Hingga ada yang akan melakukan pemagaran, kami warga di sini tidak terima,"paparnya.

Maka lanjut dia, bersama ratusan kaum ibu sepakat membacakan Alquran Yasin 41 dan bermohon kepada Allah  SWT agar tanah wakaf ini bisa dikembalikan fungsinya,mereka bersama Forum Umat Islam Kota Medan dan Sumut serta Laskar Umat Islam berupaya menjaga tanah ini agar tetap jadi milik umat Islam.

Ditambahkan, manfaat membaca Surah Yasin sebanyak 41 kali untuk setiap sesuatu (maksudnya untuk memohon sesuatu), Insya Allah hajatnya dikabulkan oleh Allah SWT.

"Sesungguhnya bagi setiap sesuatu itu ada qalbunya, dan qalbu dari Alquran adalah Surat Yasin. Barangsiapa yang membaca Surat Yasin, maka Allah akan mencatat baginya pahala membaca Alquran sebanyak 10 kali." HR. Ad-Darami dan At-Tirmidzi,"paparnya.

Cukup Kuat

Kuasa hukum Tanah Wakaf Yayasan Asrama Putri Dan Rumah Sakit Bersalin Islam di Jalan Sei Arakundo No.40 Seisikambing D,Medan Petisah,Hamdani Harahap MH,Jumat (16/8) di lokasi tanah wakaf membenarkan lahan ini sudah cukup kuat untuk dipertahankan.

"Tanah yang yang terletak di JI. Sei Arakundo KeI. Sei Sikambing D Kec. Medan Petisah Kota Medan seluas 2.400 M adalah tanah wakaf berdasarkan  Akta lkrar Wakaf No. 01 tahun 2016 yang diterbitkan oleh KUA Kota Medan dan berdasarkan Fatwa MUI .No. 001/KFIMUI-SUNI2016 tertanggal 03 Mei 2016 dan telah memenangkan perkara melawan Mukhlis, dkk.

Berdasarkan putusan Pengadilan Negeri Medan Reg. No. 470/Pdt.G/2016/PN.Mdn Jo. Putusan Pengadilan Tinggi Reg. No. : 289/Pdt/2018/PTMdn.Bahwa tentang adanya pelepasan hak dari Yayasan Asrama Putri Dan Rumah Sakit Bersalin Islam kepada pihak ketiga dilakukan secara melawan hukum sebagaimana diuraikan dalam gugatan Reg. No. 415/Pdt.G/2019/PN.Mdn dan secara hukum Pengurus Yayasan tidak berwenang mengalihkannya.

Sebab tanah terperkara adalah tanah wakaf yang tidak boleh diperjualbelikan, digadaikan, dihibahkan oleh siapapun sebagaimana di atur dalam Pasal 40, Pasal 41 dan Pasal 67 'Undang-undang No. 41 Tahun 2004 Tentang Wakaf,"kata Hamdani Harahap. (m37)