Tahun Baru Islam Harus Menumbuhkan Rasa Cinta Terhadap Nilai Agama

P. BRANDAN (Waspada): Para guru dan ratusan pelajar SMP Negeri 1 Babalan mengadakan berbagai  acara yang bernuansa islami untuk memeriahkan perayaan Tahun Baru Islam 1 Muharam 1441 Hijriah, Kamis (5/9).

Tahun Baru Islam Harus Menumbuhkan Rasa Cinta Terhadap Nilai Agama
Kasek SMPN 1 Suyitno, memberikan santunan kepada siswa siswi yatim piatu pada peringatan Tahun Baru Islam. Waspada/Ist

Para siswa termasuk guru melaksanakan pawai ta'ruf dan juga mengumpulkan donasi untuk menyantuni 35 orang siswa-siswi yang berstatus yatim piatu. Santunan ini sebagai manifestasi rasa solidaritas untuk membantu antar sesama. 

 

Perayaan Tahun Baru Islam ini juga diisi dengan tausiah yang disampaikan da'i cilik, yakni salah seorang siswa kelas IX, Harry Pratama. Meski berasal dari sekolah umum, tapi tausiah yang disampaikan pelajar SMP ini membuat para guru dan siswa tertegun.

 

Kepala Sekolah SMP Negeri 1, Suyitno mengatakan, peringatan Tahun Baru Hijriah ini sengaja diadakan untuk lebih menguatkan ukhuwah islamiah antara sesama pelajar. Ia berharap, momen ini dapat menumbuhkan rasa cinta para pelajar terhadap nilai-nilai agama.

 

Budaya islami harus terus ditumbuhkan pada setiap diri pelajar, agar mereka terbenteng dari perbuatan yang melanggar nilai-nilai syariat. "Lewat semangat Tahun Baru Islam ini, kita berupaya mengedukasi pelajar," ujar Suyitno. (a02)