Yusuf Siregar : Masjid Berperan Membangun Budaya Umat

Yusuf Siregar : Masjid Berperan Membangun Budaya Umat

  • Bagikan
WAKIL Bupati Deliserdang HM Ali Yusuf Siregar mencurahkan semen dilanjutkan meletakkan batu pertama renovasi Masjid Ikhlasiyah Desa Bandar Labuhan Kecamatan Tanjungmorawa, Selasa (16/11). (Waspada/Khairul K Siregar/B)
WAKIL Bupati Deliserdang HM Ali Yusuf Siregar mencurahkan semen dilanjutkan meletakkan batu pertama renovasi Masjid Ikhlasiyah Desa Bandar Labuhan Kecamatan Tanjungmorawa, Selasa (16/11). (Waspada/Khairul K Siregar/B)

TANJUNGMORAWA (Waspada) : Masjid bukan hanya tempat ibadah semata melainkan juga sebagai pusat kegiatan umat Islam dan menyebarkan nilai-nilai persatuan, kesatuan persaudaraan dan kerukunan. Oleh karena itu Masjid tidak hanya dibangun atau direnovasi saja tetapi yang lebih penting dari itu bagaimana memakmurkannya.

Hal itu disampaikan Wakil Bupati Deliserdang HM Ali Yusuf Siregar pada peletakan batu pertama renovasi Masjid Ikhlasiyah Desa Bandar Labuhan Kecamatan Tanjungmorawa, Selasa (16/11).

Wabup mengharapkan, keberadaan masjid ini dapat dimanfaatkan menjadi pusat kegiatan umat dalam mempererat Ukhuwah Islamiyah dan menjadikannya sebagai tempat pusat edukasi kajian Islam dan juga tempat wisata religi.

“Masjid berperan dalam membangun umat dan pengembangan kehidupan sosial kemasyarakatan. Apa yang dilakukan ini memiliki arti penting serta menjadi momentum istimewa.. Jadi keberadaan masjid ini sangat penting bagi kehidupan masyarakat,” kata Wabup.

Pada bagian lainnya, Yusuf Siregar mengatakan ketika ada keinginan bersama membangun Masjid mudah-mudahan berapa pun dana yang dibutuhkan dan rezeki baik maka renovasi Masjid ini akan selesai sesuai yang direncanakan.

“Kami dari Pemkab Deliserdang mengucapkan terimakasih adanya inisiatif dan pemikiran untuk merenovasi Masjid ini karena memang letaknya di jalan protokol menghubungkan beberapa Kecamatan dan jalan nya sempit ketika melaksanakan kegiatan rutinitas keagamaan. Mudah-mudahan apa yang telah dipersiapkan panitia Insya Allah akan terlaksana dengan baik,” ujar Wabup.

Dalam kesempatan itu, HM Ali Yusuf Siregar yang membawa pejabat Pemkab Deliserdang diantaranya Kadis Perkim Heriansyah Siregar, Sekretaris Dinas Kominfo Syafi’i Sihombing dan Camat Tanjungmorawa Marianto Irawadi menyatakan Pemkab Deliserdang akan membantu renovasi masjid ini namun tidak berbentuk uang tetapi bahan yang diperlukan.

Kepala Desa Bandar Labuhan Kecamatan Tanjungmorawa Hajeman dalam sambutannya merasa yakin renovasi Masjid Ikhlasiyah dapat terlaksana dengan secepatnya. “Ketika kita membangun rumah Allah yakin dan percayalah ini akan terlaksana dengan baik. Hal itu dapat dibuktikan pada 2018 kita mulai membangun rumah masyarakat secara swadaya dan sampai 2021 ini sudah 10 unit rumah yang kita bangun apa lagi yang kita bangun ini rumah Allah, haqqul yakin diijabah Allah Swt,” tegas Hajeman.

Ketua BKM Masjid Ikhlasiyah, Herwandi menjelaskan Masjid Ikhlasiyah dibangun masyarakat sekitar akhir tahun 1960 di atas tanah wakaf Almarhum Amir Hamzah. Seiring berjalannya waktu masjid ini mengalami perkembangan dan beberapa kali dipugar.

Ketika dirinya diamanahkan menjadi BKM berdasarkan SK KUA Kecamatan Tanjungmorawa Nomor 1362 tanggal 3 Agustus 2021 merasa perlu melakukan renovasi Masjid Ikhlasiyah karena daya tampungnya tidak mencukupi jamaah yang akan melakukan shalat terutama pada Shalat Jum’at dan Hari Besar Islam.

Sebelumnya, Ketua Panitia renovasi Masjid Ikhlasiyah Desa Bandar Labuhan Kecamatan Tanjungmorawa, Miswanto mengatakan berdasarkan hitungan anggaran yang dibutuhkan untuk renovasi masjid ini Rp2,7 miliar dan memerlukan waktu panjang untuk menyelesaikannya sementara dana yang terkumpul baru Rp132 juta.

Di akhir kegiatan, Wabup HM Ali Yusuf Siregar menyerahkan santunan kepada 10 orang anak yatim yang ada di sekitar Masjid Ikhlasiyah Desa Bandar Labuhan. (a14/a01/B)

  • Bagikan