banner 325x300

Yasop Bantu APD Ke RSU HKBP Balige

  • Bagikan
Ketua Yayasan Sopo Surung (Yasop) Balige dr. Tota Manurung menyerahkan bantuan APD ke RSU HKBP Balige yang diterima langsung oleh Direktur RSU dr. Nelson Siburian, Rabu (13/5). Waspada/IST
Ketua Yayasan Sopo Surung (Yasop) Balige dr. Tota Manurung menyerahkan bantuan APD ke RSU HKBP Balige yang diterima langsung oleh Direktur RSU dr. Nelson Siburian, Rabu (13/5). Waspada/IST

TOBA (Waspada) : Yayasan Soposurung (Yasop) Balige ikut peduli mengatasi penyebaran Covid-19 di Toba dengan menyalurkan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) ke Rumah Sakit Umum (RSU) HKBP Balige.

Robert Nyo selaku ketua Dewan Pengawas Yayasan TB Soposurung (Yasop) menyerahkan bantuan APD ke RSU HKBP Balige melalui Ketua Yayasan dr Tota Manurung, Rabu siang (13/5).

Bantuan ini diterima langsung oleh Direktur RSU HKBP Balige, dr. Nelson Siburian. Yasop juga menyerahkan bantuan APD ke beberapa Rumah Sakit lainnya seperti RSUD Sidikalang Dairi, RSUD Dolok Sanggul Humbang Hasundutan dan RSUD Tarutung di Tapanuli Utara.

Adapun jenis APD yang disumbangkan adalah masker N95 sebanyak 50 pcs, surgical mask sebanyak 250 pcs, protection cloth (Baju Pelindung) sebanyak 24 pcs, baju hazmat 35 pcs dan masker kain 96 pcs.

“Penyerahan bantuan ini berlangsung singkat karena kondisi pandemi Covid-19 saat ini.

Yang pasti kita juga paham betul bagaimana kondisi kawan-kawan medis dan paramedis dalam menangani pasien.

Mereka butuh APD untuk melindungi diri dari pandemi Covid-19, jadi kita pikir tidak hanya rumah sakit yang merawat pasien covid-19 yang harus mendapat APD yang cukup dan standar, tapi semua rumah sakit harus mendapat itu,” sebut Tota Manurung usai penyerahan bantuan APD tersebut.

Disinggung soal jenis dan sasaran bantuan, kenapa harus menyerahkan bantuan APD kepada medis dan paramedis dan tidak memilih pemberian sembako kepada masyarakat terdampak, Tota Manurung menyebut jika bantuan kepada masyarakat berupa sembako sudah cukup banyak.

“Kita lihat bantuan berupa sembako kepada masyarakat terdampak sudah cukup banyak, baik dari pemerintah maupun perorangan meski memang kita lihat bantuan itu belum 100% mampu membantu seluruh masyarakat terdampak.

Tapi kita pikir, medis dan paramedis juga sangat butuh bantuan APD di tengah kondisi saat ini. Jadi mari saling berbagi kepada siapa saja yang membutuhkan, prinsipnya itu.

Soal bantuan berupa sembako, kita juga pasti memikirkan itu,” ujar Tota Manurung.

Tota Manurung juga berpesan kepada semua masyarakat Toba agar tetap mengikuti imbauan pemerintah, wajib menggunakan masker, menjaga jarak (physical distancing dan social distancing), menghindari keramaian dan rajin mencuci tangan.

“Prinsipnya garda terdepan dalam pencegahan covid-19 adalah masyarakat. Jadi mari sama-sama mengikuti imbauan pemerintah,” ujarnya mengakhiri.

Direktur RSU HKBP, dr. Nelson Siburian mengucapkan terimakasih atas adanya bantuan tersebut.

“Jujur, kami sangat membutuhkan APD saat ini. Terimakasih atas perhatiannya dan bantuannya, akan kami pergunakan sebaik mungkin dalam menghadapi Covid-19 ini,” ucap dr. Nelson. (a36)

  • Bagikan