Warga Tapsel Syukuran Masjid Rp4,7 M Bersama Syahrul Pasaribu

  • Bagikan

TAPSEL (Waspada): Warga Kecamatan Sayurmattinggi, Kabupaten Tapanuli Selatan, menggelar syukuran atas telah terbangunnya Masjid Asasuddin bersama tokoh masyarakat Sumatera Utara, Syahrul M. Pasaribu, Sabtu (20/11/2021).

Masjid berbiaya Rp4,7 miliar ini berada di Lingkungan IV Kelurahan Sayurmatinggi. Dari arah objek wisata Aek Sijorni, masjid ini ada di ujung sebelah kanan jembatan atau di seberang sungai Masjid Al-Ikhlas Sayurmatinggi.

Syukuran atas terbangunnya Masjid Asasuddin ditandai pengguntingan pita oleh H.Syahrul M Pasaribu, mantan Bupati Tapsel yang sekaligus pemrakarsa pembangunan masjid tersebut.

Ketua Panitia Pembangunan Masjid Asasuddin, Hamsyahuddin Lubis mengatakan, peletakan batu pertama pebangunan masjid ini dilakukan pada 14 November 2017.

Kemudian pada 20 November 2020 diresmikan Syahrul M. Pasaribu yang saat itu masih menjabat Bupati Tapsel. Selanjutnya pada 20 November 2021 diadakan syukuran atas terbangunnya Masjid Asasuddin Sayurmatinggi.

“Masjid ini kita bangun dengan modal awal Rp28 juta. Padahal, perkiraan anggaran untuk pembangunannya saat itu lebih kurang lebih Rp3 miliar,” kata Lubis.

Seiring perjalanan waktu, biaya pembangunan masjid bertambah menjadi sebesar Rp4,7 miliar. Untung saja, kata Hamsyahuddin, masyarakat tetap kompak dan optimis pembangunan masjid ini pasti tertuntaskan.

“Masyarakat semakin bersemangat karena pak Syahrul Pasaribu yang saat itu masih menjabat Bupati Tapsel, terus mendorong dan membantu kami,” jelasnya.

Berulang-ulang Syahrul Pasaribu menyalurkan bantuan berupa Infaq maupun zakat maal dari keluarga besar Pasaribu dan secara pribadi. Kemudian pada tahun 2018 mengalokasikan Rp100 juta di APBD.

Tokoh masyarakat Sumatera Utara, Syahrul M. Pasaribu. Waspada/Sukri Falah Harahap

Sementara Syahrul M. Pasaribu pada kesempatan itu mengatakan, pembangunan masjid di sekitar koridor jalan utama menjadi salah satu prioritas kepemimpinan sewaktu menjabat Bupati Tapsel.

10 tahun kepemimpinannya, banyak masjid yang sudah dibangun. Seperti masjid di Hutabaru Kec. Batangtoru, Masjid Raya Sipagimbar Kec. Saipar Dolok Hole dan paling megah adalah Masjid Agung Syahrun Nur Sipirok.

Ditanya keterlibatannya dalam pembangunan Masjid Asasuddin, Syahrul menyebut gagasan pembangunan masjid tersebut dimulai sejak tahun 2015.

Ketika itu dia mencalon untuk periode kedua dan banyak menerima aspirasi masyarakat. Seperti dari Kelurahan Sayurmatinggi untuk pembangunan Masjid Asasuddin.

Politisi Golkar ini berharap ke seluruh masyarakat agar sama-sama memakmurkan masjid. “Jangan sampai bangunan masjid mewah tapi jamaahnya sedikit, itu tidak boleh,” pesan Syahrul.

Hadir Ketua Fraksi Golkar DPRD Tapsel Ali Adanan, anggota DPRD dari Gerindra Basith Dalimunthe, Kakan Kemenag, Camat Sayurmatinggi, Camat Angkola Muara Tais, Kabag Kesra, dari MUI, DMI dan BSPP Tapsel. (a05)

Keterangan Gambar: Syahrul Pasaribu (tengah) bersama para ulama dan undangan pada acara syukuran atas terbangunna Masjid Asasuddin Sayurmatinggi. (Waspada/Sukri Falah Harahap)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *