Waspada
Waspada » Warga Sidimpuan Diduga Terpapar Corona
Headlines Sumut

Warga Sidimpuan Diduga Terpapar Corona

WARGA Sidimpuan Diduga Terpapar Corona
WARGA Sidimpuan Diduga Terpapar Corona

P. SIDIMPUAN (Waspada): Seorang wanita berinisial Z, 37, warga Kecamatan Padangsidimpuan Selatan, Kota Padangsidimpuan, yang diduga terpapar corona dijadwalkan dirujuk ke Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Haji Adam Malik Medan, Selasa (3/3) malam.

Yang bersangkutan didampingi pihak keluarga, diberangkatkan ke RSUP Haji Adam Malik Medan, atas dugaan suspect covid 19.

Informasi berhasil dihimpun, awalnya Z merasa kondisi tubuhnya sedang tidak fit, dan kemudian pergi ke salah satu praktek dokter di daerah Silandit, Kota Padangsidimpuan, untuk memeriksakan kondisi tubuh. Dan oleh si dokter yang merasa curiga dengan kondisi Z, dianjurkan untuk melakukan ronsen.

Saat yang bersangkutan berada di rumah sakit untuk melakukan ronsen, tiba-tiba di media sosial facebook menjadi heboh karena adanya postingan yang menyebutkan seorang warga Padangsidimpuan positif virus corona di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Padangsidimpuan.

Postingan itu dengan cepat beredar ke masyarakat. Pihak Dinas Kesehatan bersama RSUD Kota Padangsidimpuan yang mendapat kabar itu, langsung memantau dan mengecek kondisi yang bersangkutan.

Dan setelah pihak keluarga Z berembuk, yang bersangkutan dirujuk ke RSUP Haji Adam Malik Medan. Kepala Dinas Kesehatan Kota Padangsidimpuan, Sopian Subri Lubis ditemui di RSUD Padangsidimpuan mengaku, kabar yang beredar itu dapat meresahkan masyarakat.

“Kita dari Dinas Kesehatan Kota Padangsidimpuan, bahwasanya pasien yang diduga itu, sebetulnya riwayat perjalanannya memang betul tanggal 26 berangkat ke Singapura dan tanggal 27 ke Batam. Tanggal 28 Januari 2020, yang bersangkutan sudah ada di Padangsidimpuan,” tuturnya.

Dia mengatakan, masa inkubasi daripada corona tersebut adalah 14 hari. “Sementara atas nama yang terduga daripada penyakit tersebut, berada di Padangsidimpuan sudah sebulan lebih,” ujarnya.

Diduga Terpapar Corona

Penyakit yang diderita oleh warga Sidimpuan yang bersangkutan, tegas Sopian, belum jelas atau masih diduga terpapar corona.

“Gejala yang ada pada yang bersangkutan juga belum pas untuk dikategorikan terpapar corona, karena suhu tubuhnya hanya 36,5 derajat celcius yaitu masih dinyatakan normal. Meski begitu kita tunggu hasil diagnosa dari RSUP Haji Adam Malik Medan, dan malam ini yang bersangkutan diberangkatkan untuk dirujuk ke RSUP Haji Adam Malik Medan karena mereka yang memiliki peralatannya,” jelasnya.

Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Padangsidimpuan, Rusydi Nasution yang mendapat kabar itu juga turut hadir di RSUD Padangsidimpuan untuk mengecek kebenarannya.

“Seharusnya segala informasi yang berhubungan dengan suspect corona berasal dari tim terpadu lintas sektoral yang dibentuk secara formal, agar tidak menimbulkan informasi yang meresahkan masyarakat. Dengan terbentuknya tim, terlihat keseriusan dan kesiapan kita dalam menangani wabah ini,” terang Rusydi. (c02)

Baca juga Kadis Kesehatan Sidimpuan Pastikan Warganya Bukan Terindikasi Corona

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2