Waspada
Waspada » Warga Medan Estate Rapid Test Massal, 2 Reaktif
Headlines Sumut

Warga Medan Estate Rapid Test Massal, 2 Reaktif

DOKTER Supiono,Sp.P dari RS Haji Medan sedang memberi arahan kepada masyarakat yang mengikuti rapid test massal di pelataran Pajak Kedan Kompleks MMTC Medan Estate Kecamatan Percut Seituan, Jum’at (17/7). Waspada/Khairul K Siregar
DOKTER Supiono,Sp.P dari RS Haji Medan sedang memberi arahan kepada masyarakat yang mengikuti rapid test massal di pelataran Pajak Kedan Kompleks MMTC Medan Estate Kecamatan Percut Seituan, Jum’at (17/7). Waspada/Khairul K Siregar

PERCUT SEITUAN (Waspada) Masyarakat harus menyadari bahwa mencegah itu lebih baik daripada mengobati, oleh karena itu jagalah kesehatan dan selalu ikuti protokol kesehatan.

Hal itu disampaikan dr. Supiono, Sp.P pada acara rapid test massal mencegah penyebaran COVID-19 Pemerintah Kecamatan Percut Seituan kerjasama dengan UPT Puskesmas Tanjung Rejo dan RS Haji Medan di pelataran Pajak Kedan Kompleks MMTC, Jum’at (17/7).

Kegiatan itu turut dihadiri Camat Percut Seituan Khairul Azman Harahap, Kepala UPT Puskesmas Tanjung Rejo dr H Budi Afrian dan Pj. Kades Medan Estate Juliansyah Putra Dalimunthe, SE, MAP.

Dikatakannya, saat ini penyebaran COVID-19 sudah sangat mengkhawatirkan sehingga masyarakat harus waspada terhadap setiap kemungkinan yang terjadi. Virus ini tidak tampak tetapi ada yang penularannya bisa terjadi dari orang yang membawa kepada orang lain.

Virus Melalui Mata, Hidung Dan Mulut

Supino menjelaskan, virus ini bisa masuk melalui beberapa jalur yakni mata, hidung dan mulut. Penyakit ini muncul karena beberapa komponen yakni kuman atau virusnya, lingkungan dan gaya hidup karena virus ini bisa hidup jika ada tempatnya yakni manusia.

Walaupun sampai saat ini belum ditemukan vaksin atau obatnya, tetapi penyakit ini bisa dicegah dengan mudah salah satunya dengan cara selalu memakai masker.

“Kita lebih baik menjaga agar tidak terkena virus ini yakni dengan selalu memakai masker, menjaga jarak dan selalu mencuci tangan pakai sabun serta selalu menjaga pola makan dan hidup sehat untuk mengantisipasinya. Mari kita lindungi diri dan keluarga agar tetap sehat,” kata dr Supiono.

Hal yang sama juga disampaikan Camat Percut Seituan Khairul Azman Harahap. Menurutnya, mewabahnya virus corona ini karena kurangnya kesadaran masyarakat memperhatikan dan menjaga kesehatannya. Hal itu terlihat masih adanya bahkan banyak warga yang tidak memakai masker ketika beraktifitas padahal itu sangat penting.

“Kita akan terus mengimbau masyarakat untuk mengikuti protokol kesehatan yakni memakai masker, jaga jarak dan selalu mencuci tangan pakai sabun. Saya yakin apabila ini dipatuhi masyarakat maka wabah ini akan segera berakhir,” katanya.

2 Reaktif

Sementara itu, Kepala UPT Puskesmas Tanjung Rejo dr H Budi Afrian mengatakan masyarakat yang mengikuti rapid test massal ini berjumlah 50 orang dan tenaga medis yang melakukan pemeriksaan berasal dari Puskesmas Tanjung Rejo.

“Dari 50 orang yang kita lakukan rapid test ini 2 diantaranya reaktif. Reaktif ini bukan menandakan seseorang itu positif Covid karena untuk menentukannya harus melalui swab. Terhadap mereka yang reaktif kita anjurkan isolasi mandiri yang pengawasannya akan dilakukan petugas medis Puskesmas Tanjung Rejo,” jelas dr H Budi Afrian. (a14/B)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2