Waspada
Waspada » Warga Antusias Ikuti Shalat Tarawih Di Gunungsitoli
Sumut

Warga Antusias Ikuti Shalat Tarawih Di Gunungsitoli

 

GUNUNGSITOLI (Waspada): Umat Islam di Kota Gunungsitoli dan sekitarnya sangat antusias mengikuti pelaksanaan ibadah shalat tarawih Bulan Suci Ramadhan 1442 Hijriah.

Antusiasnya warga mengikuti ibadah shalat tarawih terlihat di sejumlah masjid yang ada di Kota Gunungsitoli, Selasa (13/4) malam. Para jamaah memadati masjid-masjid yang ada bahkan sampai rela menempati teras maajid guna melaksanakan ibadah shalat tarawih.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Gunungsitoli, Drs. H. Saripuddin Daulay yang dihubungi Waspada, Selasa (13/4) mengatakan sesuai surat Edaran Menteri Agama RI No.3 Tahun 2021 meenghimbau agar pelaksanaan shalat tarawih selama bulan suci ramadhan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Pada edaran Menteri Agama tersebut ya g telah diteruskan kepada seluruh pengurus Badan Kesejahteraan Masjid (BKM) juga dihimbau agar jumlah jamaah yang melaksanakan shalat tarawih dikurangi hingga 50 persen dari daya tampung masjid.

Menurut Saripudin, dari pantauan petugas Kemenag Kota Gunungsitoli pada pelaksanan ibadah shalat tarawih masih banyak masjid yang jamaahnya belum mematuhi himbauan dari Kementerian Agama tersebut.

Menyikapi hal itu, Kemenag Kota Gunungsitoli melalui penyuluh agama Islam terus memberikan himbauan agar jamaah yang yang melaksanakan ibadah shalat tarawih dapat mematuhi protokol kesehatan serta mengurangi jumlah jamaah dari daya tampung masjid seperti dalam kondisi normal.

Secara terpisah Ketua BKM Masjid Jami Ilir, dr. Mustawa Zainal yang dikonfirmasi Waspada, Rabu (14/4) membemarkan pihaknya telah menerima surat edaran baik dari MUI maupun Kementerian Agama agar pelaksanaan ibadah shalat tarawih tetap mengikuti protokol kesehatan termasuh pembatasan jumlah jamaah.

Namun menurut Mustawa, antusias jamaah dalam mengikuti shalat tarawih di Masjid Jami Ilir cukup tinggi jumlahnya cukup banyak.

Mustawa mengaku pihaknya akan terus memberikan himbauan kepada jamaah agar tetap mengikuti protokol kesehatan dan membatasi jumlah jamaah yang hadir.

Pantauan lainnya, pada pelaksanaan ibadah shalat tarawih di Kota Gunungsitoli terlihat personel dari Polres Nias melakukan pengamanan di setiap masjid. (a26/B).


Keterangan foto:

Terlihat jamaah sangat antusias dan memadati Masjid Jami Ilir hingga ke teras dalam melaksanakan ibadah shalat tarawih, Selasa (13/4) malam. Waspada/Bothaniman Jaya Telaumbanua

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2