Waspada
Waspada » Wali Kota Minta RS di Binjai Antisipasi Lonjakan Penyebaran Covid-19.
Kesehatan Sumut

Wali Kota Minta RS di Binjai Antisipasi Lonjakan Penyebaran Covid-19.

Wali Kota Amir Hamzah memimpin rapat covid-19. Wali Kota Minta RS di Binjai Antisipasi Lonjakan Penyebaran Covid-19. Waspada/ Riswan Rika
Wali Kota Amir Hamzah memimpin rapat covid-19. Wali Kota Minta RS di Binjai Antisipasi Lonjakan Penyebaran Covid-19. Waspada/ Riswan Rika

 

BINJAI (Waspada) : Wali Kota Binjai Amir Hamzah minta semua rumah sakit yang ada di Binjai dapat menyediakan minimal 10 bed untuk perawatan Covid-19 guna mengantispasi lonjakan penyebaran Covid-19 pra dan pasca Idulfitri .

Hal itu ditegaskan Amir Hamzah ketika memimpin rapat penyegahan Covid-19 bersama Forkompida serta perwakilan rumah sakit pemerintah dan swasta di aula Pemko Binjai, Kamis( 6/5).

Wali Kota Binjai mengemukakan kesiapan kesiagaan yang saat ini penyebaran Covid-19 di Binjai menunjukkan peningkatan. “Peningkatannya jauh lebih rapat dari tahun sebelumnya. Menjelang lebaran dikhawatirkan meningkat jika tidak ada pencegahan dengan mengantispasi secara ketat pelaksanaan,” ujar Amir.

Kadis Kesehatan Binjai dr. Sugianto menjelaskan adanya Covid-19 di Kota Binjai itu awalnya satu kasus. Kemudian di bulan Ramadhan dan Idulfitri Mei 2020, terjadi kenaikan sampai September 2020.

“Kemudian Oktober terjadi penurunan sampai di November 2020. Tapi di Desember 2020 awal mulai menanjak dengan adanya libur Natal dan tahun baru 2020. Begitu juga Januari 2021. Kemudian sedikit aman itu di Februari 2021, tapi sekarang meningkat lagi,” jelas Sugianto

Sugianto menjelaskan penyebab peningkatan Covid-19, pertama masalah kesadaran. Apapun kita buat dengan banyaknya regulasi, yang terpenting kesadaran masyarakat harus tinggi. Kedua, tingginya mobilitas masyarakat di bulan Ramadhan dan akan adanya libur serta cuti bersama sangat perlu diantisipasi.

Dari data itu, diperlukan kesiagaan, apalagi menurut Wali Kota Binjai, rumah sakit di Medan yang menangani masalah penerimaan Pasien Covid -19 sudah penuh, begitu juga halnya dengan di Kabupaten Langkat.

Hal itu harus diwaspadai dan meminta semua pihak mengantisipasi kemungkinan kenaikan pasien Covid ke depannya, jika dilihat dari trennya yang kini makin hari makin meningkat.

Guna mengantipasi lonjakan penyebaran Covid-19, Pemko Binjai bekerja sama dengan Polres Binjai , Kodim 0203/Langkat sudah melaksanakan antisipasi dan sosialisasi di kecamatan dengan melibatkan Kapolsek, Bhabinkamtibmas dan Danramil, Babinsa kecamatan untuk terus mensosialisasikan untuk tidak mudik lebaran tahun ini .

“Berkaitan mudik lebaran oleh Polres Binjai sudah melakukan pengetatan jalur-jalur yang dianggap rawan untuk mengantisipasi arus mudik,” jelas Amir.

Rapat pencegahan lonjakan Covid-19 dihadiri Dandim 0203/Lkt Letkol Inf Wisnu Joko Saputro, Kapolres Binjai AKBP Romadhoni Sutardjo, Ketua DPRD Binjai H Noor Sri Syah Alam Putra ST, mewakili Kejaksaan Negeri Binjai Kasi Intel Iwan Roy Charles, Pj. Sekdako Binjai Irwansyah Nasution , Kepala BPJS Binjai Thomas , serta perwakilan setiap rumah sakit di Binjai.(a12/B)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2