Wabup Simalungun Minta Warga Tidak Takut Divaksin

Wabup Simalungun Minta Warga Tidak Takut Divaksin

  • Bagikan
Wabup Simalungun H. Zonny Waldi saat melakukan sosialisasi vaksin Covid-19 di Nagori Wonorejo, Kecamatan Pematangbandar, Rabu (6/10).(Waspada/Hasuna Damanik)
Wabup Simalungun H. Zonny Waldi saat melakukan sosialisasi vaksin Covid-19 di Nagori Wonorejo, Kecamatan Pematangbandar, Rabu (6/10).(Waspada/Hasuna Damanik)

SIMALUNGUN (Waspada): Masyarakat Simalungun diimbau mendukung program pemerintah, khususnya program pencegahan penyebaran Covid-19. Warga diminta tidak takut divaksin, karena vaksin membantu meningkatkan imunitas tubuh terhadap Covid-19

Imbauan itu disampaikan Wakil Bupati Simalungun, H. Zonny Waldi, dalam kegiatan Sosialisasi Pentingnya Vaksin Covid-19 di Nagori (Desa) Wonoreja, Kecamatan Pematangbandar, Kabupaten Simalungun, Rabu (6/10). Didampingi istri, Hj. Hidayah Herlina Gusti Nasution, yang juga anggota DPRD Sumut dari Fraksi PKS, Wabup mengatakan masyarakat tidak perlu takut untuk divaksin, bahkan anak usia 12 tahun dapat mengikuti vaksin.

“Jangan takut divaksin, karena hal ini untuk membantu meningkatkan imunitas kita terhadap Covid-19. Bagi yang sudah divaksin agar tetap menjalankan protokol kesehatan,” tegas Zonny Waldi.

Kehadiran Wabup Simalungun dan anggota DPRD-SU di Nagori Wonorejo, mengingat rendahnya keinginan masyarakat di daerah ini dalam mengikuti vaksinasi Covid-19. Karenanya Wabub bersama Plt.Dinas Kesehatan dr Lidya Saragih turun langsung melakukan sosialisasi.

Sejauh ini, dari 3000 warga Nagori Wonorejo yang wajib divaksin, baru sekitar 20 persen yang mengikuti vaksin dosis 1 dan sekitar 10 persen dosis 2. 

“Saya menginginkan dalam bulan ini masyarakat di Nagori Wonorejo sudah melaksanakan vaksin semuanya,” pinta H Zonny Waldi.

Kepada Pangulu (Kepdes) Wonorejo, Sukesno untuk segera melakukan pendataan terhadap masyarakat yang belum divaksin. Wabup juga meminta tokoh masyarakat turut serya mensosialisasikan pentingnya vaksin di masa vandemi saat ini.

“Usia 12 tahun sudah bisa mengikuti vaksin karena mereka peserta didik yang akan mengikuti pendidikan di sekolah,” tandas Wabup Simalungun.

Sementara, Hj. Hidayah Herlina Gusti Nasution,  anggota DPRD Sumut, antara lain mengatakan bahwa di masa pandemi Covid-19 saat ini, tentu sangat mempengaruhi kesehatan masyarakat, termasuk mengganggu sendi-sendi kehidupan bermasyarakat. 

“Pentingnya vaksin bagi kita untuk menjaga kesehatan di masa pandemi saat ini, dan kita juga harus tetap mengikuti protokol kesehatan sesuai dengan anjuran pemerintah. Mari bersama-sama menyukseskan program pemerintah dalam upaya penanggulangan wabah Covid ini,” ujar boru Nasution. 

Pada kesempatan itu juga dilakukan vaksinasi bagi masyarakat yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Simalungun, dengan vaksinator dari Puskesmas Kerasaan.

“Bagi yang divaksin dosis 1 selanjut 24 hari ke depan harus mengikuti vaksin dosis 2 di Puskesmas, dan tetap mengikuti protokol kesehatan,” kata Plt Kadis Kesehatan dr Lidya Saragih.(a27)

  • Bagikan