Waspada
Waspada » Wabup Sergai Sumbang 16 Ekor Lembu Qurban Ke Masyarakat
Sumut

Wabup Sergai Sumbang 16 Ekor Lembu Qurban Ke Masyarakat

WABUP Sergai H Darma Wijaya SE saat mengatur pendistribusian 16 ekor lembu qurban yang akan disumbangkan ke masyarakat Sergai di hari raya Idul Adha 1441 Hijriyah, Jumat (31/7) di Desa Dolok Manampang, Kecamatan Dolok Masihul. Waspada/Ist
WABUP Sergai H Darma Wijaya SE saat mengatur pendistribusian 16 ekor lembu qurban yang akan disumbangkan ke masyarakat Sergai di hari raya Idul Adha 1441 Hijriyah, Jumat (31/7) di Desa Dolok Manampang, Kecamatan Dolok Masihul. Waspada/Ist

DOLOKMASIHUL (Waspada): Wakil Bupati Serdang Bedagai (Wabup Sergai) H Darma Wijaya, SE menyumbangkan (memberikan) 16 ekor lembu qurban kepada masyarakat Sergai pada Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriyah tahun 2020, Jumat (31/7) siang.

Wabup H Darma Wijaya yang akrab disapa Wiwik langsung turun ke kandang mengecek lembu yang akan di qurbankan dari dirinya di Desa Dolok Menampang Kecamatan Dolok Masihul.

“Saya tidak ingin sapi yang akan diqurbankan tidak memenuhi syarat qurban, sehingga saya yang memastikan bahwa hewan qurban menuhi syarat dan sampai tepat waktu kepada Masyarakat Sergai”, terang Darma Wijaya di lokasi kandang lembu.

Disampaikan Darma Wijaya bahwa dirinya memberikan hewan qurban sebanyak 16 ekor lembu dengan alasan, bahwa Idul Adha merupakan momentum bagi umat muslim untuk saling berbagi.

“Selain berbagi wajib setiap saat, momentum Idul Adha juga merupakan hari dimana kita harus berbagi kepada sesama serta momen untuk lebih mendekatkan diri kita kepada Allah SWT,” ungkap Darma Wijaya yang akan kembali mencalonkan diri sebagai Bupati Sergai pada Pilkada 2020 mendatang berpasanhan dengan H Adlin Umar Yusri Tambunan.

Seperti diriwayatkan dalam Hadits Tirmidzi lanjut Darma Wijaya, bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Saya diperintah untuk menyembelih qurban dan qurban itu Sunnah bagi kamu”.

Qurban sendiri berasal dari kata udhiyah bermakna menyembelih hewan qurban dengan niat mendekatkan diri kepada Allah SWT, hukum Qurban adalah Sunnah muakkad, dan menurut imam Hanafi menyebutkan bahwa ber-Qurban hukumnya wajib bagi yang mampu.

“Kita sebagai umat muslim merupakan keharusan bagi kita untuk melakukan Qurban pada Idul Adha, sebab dalam ber-Qurban memiliki keutamaan, diantaranya adalah dengan berqurban merupakan ciri ke Islaman seseorang, setiap helai hewan qurban memiliki kebaikan, ibadah qurban adalah salah satu ibadah yang disukai oleh Allah SWT”, papar H Darma Wijaya.

Selanjutnya ber-Qurban membawa imbuh Wabip Sergai, misi kepedulian kepada sesama, membawa kebahagian bagi kaum dhuafa, sebagian dari Syiar agama Islam.

“Untuk itu, bagi kita yang mampu berqurban merupakan hal yang disunnahkan namun wajib, sebab selain mendekatkan diri kepada Allah SWT, berqurban juga merupakan bentuk perbuatan yang membawa kebahagian bagi seluruh umat Muslim di Dunia”, pungkas Darma Wijaya.

Usai memastikan kelayakan hewan qurban, Darma Wijaya dengan mengendari sepeda motor meninjau tempat penyembelihan hewan qurban Idul Adha 1441 Hijriyah di Desa Dolok Menampang Kecamatan Dolok Masihul.(a15)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2