Wabup Buka Pelatihan Digital Entrepreneurship Academy

Wabup Buka Pelatihan Digital Entrepreneurship Academy

  • Bagikan
Wakil Bupati Madina Atika Azmi Utammi Buka Pelatihan Digital Entrepreneurship Academy. Waspada/Ali Anhar Harahap
Wakil Bupati Madina Atika Azmi Utammi Buka Pelatihan Digital Entrepreneurship Academy. Waspada/Ali Anhar Harahap

Madina (Waspada) : Pemerintah Daerah Kabupaten Mandailing Natal (Madina) dengan Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Komunikasi dan Informatika (BBPSDMPK) Kominfo Medan menggelar pelatihan bertajuk ‘Digital Entrepreneurship Academy’ yang bertempat di Hotel Madina Sejahtera, Panyabungan, Selasa (31/08).

Pelatihan berlangsung selama dua hari mulai tanggal 31 Agustus 2021 sampai 1 September 2021, yang diikuti sebanyak 75 peserta dari kalangan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten Mandailing Natal.

Penandatangan kerja sama dan pembukaan pelatihan tersebut dihadiri Wakil Bupati Madina Atika Azmi Utammi Nasution didampingi Kepala BBPSDMPK Medan Irbar Samekto, Kepala Dinas Kominfo Syahnan Pasaribu, Kepala DPMPTSP Madina Parlin Lubis, Kepala Dinas Koperasi UKM Ikhwan Efendi dan Dinas Perdagangan Jhon Amriadi.

Dalam sambutannya, Atika menyambut positif program Kementerian Komunikasi dan Informatika tersebut dengan mengadakan pelatihan di seluruh Indonesia, Dan BBPSDMPK Medan memilih Kabupaten Madina sebagai tujuan pelaksanaan kegiatan tersebut.

“Mudah-mudahan pelatihan ini berdampak positif pada UMKM dalam menggunakan teknologi, sehingga dampaknya bermuara pada peningkatan penjualan UMKM di Mandailing Natal, Kita masyarakat Mandailing mempunyai bakat dan SDM yang terpendam, hanya saja kadang bakat ini belum pernah kita utarakan serta kurangnya pembinaan dan ekpos kepada Pemerintah Daerah, Jadi melalui pelatihan seperti ini, kami berharap kedepan agar muncul pelaku – pelaku usaha baru sehingga menemukan SDM yang betul-betul unggul dan mumpuni,” ungkapnya

Dalam pandangannya, Wabup berharap pemanfaatan teknologi digital dapat memajukan UMKM. Perkembangan teknologi diharapkan dapat memajukan dan meningkatkan UMKM dalam digitalisasi

Atika mencontohkan prestasi yang ditorehkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim di bidang bisnis yang memanfaatkan perkembangan teknologi digital di Indonesia, yang mana belakangan ini transaksi e-commerce mencapai Rp266 triliyun. Angka itu lebih besar dari transaksi yang dibukukan perbankan.

“Kita ambil conton kesuksesan Mendikbub Nadiem Makarim yang mengembangkan Gojek dan saat ini bisa menjadi besar dan menjadi unicorn di Indonesia, beliau menciptakan peluang bisnis dan membantu banyak orang, kemudian digitalisasi ini menjadi ancaman bagi orang yang tidak mau berkembang dan maju. Oleh karena itu jangan kita hanya menjadi penguna, Kita harus menjadi pionir,” terangnya kembali

Beliau juga mendorong para pelaku UMKM di Madina memanfaatkan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi pada era kekinian agar usahanya dapat maju dan berkembang. Dan hal ini juga dalam pandangan beliau perlu membangun akses atau ruang kerja sama dengan pemerintah pusat sehingga kedepan penataan UMKM di Madina bisa lebih produktif

“Kita akan coba menjalin kerja sama dengan pemerintah pusat, Dimana nantinya akan kita upayakan meningkatkan SDM yang berkualitas hingga peningkatan skill dan pendapatan masyarakat di Kabupaten Mandailing Natal,” tutupnya. (Cah)

  • Bagikan