Waspada
Waspada » Wabup Apresiasi SLI BMKG Di Humbahas
Ekonomi Sumut

Wabup Apresiasi SLI BMKG Di Humbahas

WAKIL Bupati Humbahas, Oloan Nababan turut berbaur dalam kegaiatan SLI Operasional BMKG. Wabup Apresiasi SLI BMKG Di Humbahas. Waspada/Ist
WAKIL Bupati Humbahas, Oloan Nababan turut berbaur dalam kegaiatan SLI Operasional BMKG. Wabup Apresiasi SLI BMKG Di Humbahas. Waspada/Ist

DOLOKSANGGUL (Wasapda): Wakil Bupati Humbang Hasundutan (Humbahas), Oloan Paniaran Nababan apresiasi pelaksanaan Sekolah Lapangan Iklim (SLI) Operasional yang diselenggarakan BMKG Deliserdang yang dipusatkan di Desa Siborboron, Kec Sijamapolang, Humbahas, Kamis (8/4).

Dengan kegiatan ini, kata Oloan, masyarakat petani bisa mendapatkan informasi atau pengetahuan tentang perkiraan cuaca yang akan datang. Sehingga  petani mempunyai strategi bagaimana cara mengolah tanah, mengolah tanaman tetap bisa mendapatkan hasil yang baik.

Dijelaskan, bahwa Kab. Humbahas merupakan salah satu daerah sasaran pengembangan kawasan pertanian di Indonesia. Daerah Humbahas memiliki potensi lahan yang besar dimana 90% masyarakatnya hidup dari sektor pertanian. Potensi luas lahan untuk pengembangan kawasan pertanian sebesar 95 ribu ha, yang terdiri dari luas lahan basah dan lahan kering.

Ditambahkannya SLI ini merupakan dukungan BMKG dalam mewujudkan pengembangan pertanian dan kedaulatan pangan di Indonesia. “Pemkab Humbahas sangat bangga menjadi salah satu lokasi terpilih SLI BMKG di Indonesia,” ujarnya.

Dia juga menyampaikan, bahwa Pemkab Humbahas, siap mendukung dan mensukseskan pelaksanaan SLI di daerah itu.

Melalui kegiatan diatas, para peserta SLI Operasional duharapkan dapat mengikutinya dengan baik dan berperan aktif  dalam diskusi.

Sementara itu Deputi Bidang Klimatologi, Herizal dalam sambutannya melalui Video Conference (Vidcon) menyampaikan bahwa Pemerintah Pusat telah menetapkan bahwa Kab. Humbahas sebagai lumbung pangan baru selain di Kalimantan Tengah.

Katanya, SLI bagi petani untuk meningkatkan pengetahuan mereka mengenai informasi iklim dan dampaknya terhadap sektor pertanian. Melalui SLI Operasional, petani memanfaatkan informasi dan prakiraan iklim/musim secara efektif dalam kegiatan pertanian mereka. “SLI merupakan studi lapangan yang berorientasi pada program praktis dan memberikan kesempatan kepada penyuluh, POPT dan petani untuk belajar bersama,” terangnya.

Pada kesempatan itu, Herizal membuka secara resmi kegiatan sosialisasi SLI tersebut dan menyampaikan terimakasih kepada Pemkab Humbahas atas dukungan dan peran-aktifnya dalam kegiatan itu.

Diharapkan dengan pengetahuan iklim ini bisa menambah pengetahuan para petani dalam meningkatkan hasil pertanianya. Serta adanya komunitas baru antara petani, penyuluh pertanian, perguruan tinggi dan BMKG di Sumatera Utara. Sehingga jika timbul masalah-masalah akan ada solusi yang baik.

Adapun materi yang diberikan dalam SLI ini meliputi pengenalan unsur cuaca dan iklim, serta pemahaman informasi iklim dan prakiraan iklim atau musim. Selain itu ada juga materi tentang fenomena iklim ekstrim, dan pengaruh cuaca atau iklim terhadap perkembangbiakan hama dan penyakit tanaman.

Hadir juga pada kegiatan itu, Staf Ahli Bupati, Asisten Setdakab, para Pimpinan OPD, para Kabag di Setdakab dan peserta SLI sebanyak 50 peserta. (cas)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2