Viral, Joget Ria ASN Diduga Pengaruh Miras

  • Bagikan

DOLOKSANGGUL (Waspada): Vidio joget ria diduga ASN Dinas Kesehatan Kab. Humbang Hasundutan (Humbahas) beredar luar di media sosial. Vidio berdurasi 1,38 menit itu diunggah dalam youtube oleh akun Joniar News Pekan. Tiga hari terakhir, setelah aploud, sudah ditonton 20 ribu kali dan 143 ribu subscribe.

Dalam vidio tersebut, tampak ASN diduga memegang botol minuman keras dan membagikan kepada rekannya. ASN tersebut menari sempoyongan layaknya mabuk miras. Dia  juga naik ke atas kursi plastik sambil menari diiringi musik.

Terkait vidio viral itu, Sekertaris Daerah Kabupaten (Humbahas), Tonny Sihombing kepada Waspada, Jumat (14/1) melalui selulernya, mengatakan bahwa yang terlihat dalam vidio itu hanya hiburan joget ria dalam ulangtahun sang Kepala Dinas Kesehatan, drg Hasudungan Silaban, Selasa (14/12/2021) lalu. Joget ria itu hanya spontanitas meluapkan kegembiraan dan mengusir kepenatan atas beban kerja di akhir tahun.

“Kita bersama pejabat teras Pemkab Humbahas sudah melakukan klarifikasi terhadap OPD yang bersangkutan. Dalam klarifikasi itu, pada vidio viral tidak ada pesta miras. Hanya hiburan spontanitas memperagakan penari sempoyongan dalam pengaruh miras,” jelas Tonny.

Dia mengatakan, bahwa vidio tersebut direkam salahsatu pegawai pada dinas tersebut dan dibagikan ke Group WhatsApp (GWA) Tata Usaha (TU) Dinas Kesehatan yang berpenghuni 11 orang. Selanjutnya vidio tersebut menyebar hingga menjadi konsumsi publik.

Meskipun demikian, katanya, pihaknya memberikan sanksi peringatan karena menyangkut etika. Sehingga, kedepan tidak terjadi vidio yang merusak citra ASN. “Kita sudah beri peringatan kepada OPD terkait. Harapan kita, kepada OPD yang bersangkutan atau di OPD lingkungan Pemkab Humbahas tidak terjadi vidio atau perbuatan abdi negara yang merusak citra ASN,” ujarnya.

Ditanya langkah hukum terhadap yang memplesetkan vidio viral tadi, kata Tonny masih dibahas dalam internal pemerintah. Sebab ada aturan dan sikap obyek yang terkait dalam vidio. “Kalau obyek dalam vidio itu keberatan atas vidio viral itu, maka berpotensi ke ranah hukum,” pungkasnya.

Terpisah, Kadis Kesehatan Humbahas drg Hasudungan Silaban kepada Waspada menegaskan tidak ada pesta miras dalam vidio viral ASN.

Dia memaparkan, yang diperagakan dalam vidio tersebut hanya botol koleksi yang kosong. “Rumah kediaman kita adalah parsaktian (tempat persinggahan saudara dari rantau). Jadi kalau saudara pulang dari rantau, terkadang bawa minuman. Karena botol kemasannya unik, sehingga kita buat pajangan/ koleksi. Jadi tidak ada pesta miras dalam vidio tersebut,” terangnya.

Dia juga mengakui, perekaman vidio yang menjadi viral itu tidak diketahui, sebab dalam momen perayaan ultah itu, dirinya juga menyambut tamu dari rekan sejawat dan dari gereja. “Terkait vidio viral ini, pak sekda bersama tim sudah turun ke Dinas Kesehatan melakukan klarifikasi. Sebagaimana kondisi sebenarnya, dalam vidio viral itu tidak ada pesta miras,” tegas Hasudungan.

Senada dengan itu, Linda Hutasoit, ASN yang turut berbaur dalam perayaan ultah Kadis Kesehatan, kepada wartawan mengakui tidak ada pesta miras dalam ulang tahun atapun dalam vidio viral. Pihaknya sebagai anggota kadis hanya berencana membuat surprise di luar jam kerja.

“Perayaan ultah pak kadis dibuat sederhana yakni pemotongan kue, makan bersama. Hiburan hanya spontanitas untuk mengusir kepenatan atas beban kerja di akhir tahun. Saat hiburan tadi, pak kadis berada di ruangan yang berbeda menyambut tamu dari rekan sejawat dan tamu dari gereja yang menyampaikan selamat ultah,” ujarnya.

Linda juga memaparkan, obyek dalam vidio viral itu adalah ASN yang bekerja mengurusi keuangan dinkes. Dia dikenal sebagai ASN pekerja keras dan tidak pernah bersentuhan dengan minuman keras. Namun pada kesempatan itu, dia terlarut dalam hiburan lucu-lucuan yang memperagakan penari sempoyongan di bawah pengaruh minuman keras.

Penelusuran wartawan, ASN dalam obyek vidio viral itu adalah Mery Dalimunte. Dia bekerja sebagai bendahara pada dinas kesehatan sejak 16 lalu. Mery dikenal bertanggungjawab dengan segala tugas-tugasnya dan tercatat sebagai bendahara terbaik di lingkungan Pemkab Humbahas.(a08/cas)

Ket foto tangkap layar vidio viral:

ASN Dinas Kesehatan berjoget ria memegang botol miras dalam ulang tahun Kadis Kesehatan.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *