Waspada
Waspada » Vaksinasi Tahap 2 Kategori Layanan Publik Gunakan Vaksin Sinopharm
Kesehatan Sumut

Vaksinasi Tahap 2 Kategori Layanan Publik Gunakan Vaksin Sinopharm

Kepala Seksi Surveillance dan Imunisasi Dinas Kesehatan Toba, Tri DP Simanjuntak. Vaksinasi Tahap 2 Kategori Layanan Publik Gunakan Vaksin Sinopharm. Waspada/Ramsiana Gultom
Kepala Seksi Surveillance dan Imunisasi Dinas Kesehatan Toba, Tri DP Simanjuntak. Vaksinasi Tahap 2 Kategori Layanan Publik Gunakan Vaksin Sinopharm. Waspada/Ramsiana Gultom

TOBA (Waspada) : Vaksinasi tahap 2 untuk kategori layanan publik kali ini menggunakan vaksin yang berbeda dari vaksinasi tahap pertama.

Sebelumnya, pemerintah meluncurkan vaksin jenis Sinovac untuk diberikan kepada pejabat publik sementara untuk kategori layanan publik kali ini menggunakan jenis vaksin Sinopharm.

Kepala Seksi Surveillance dan Imunisasi Dinas Kesehatan Toba, Tri DP Simanjuntak ketika dikonfirmasi Waspada.id pada pelaksanaan vaksinasi tahap 2 kepada Anggota DPRD di Kantor DPRD Toba, Rabu (10/3) mengatakan, secara umum jenis vaksin yang digunakan masih sama. Baik Sinovac dan Sinopharm sama-sama vaksin kategori Coronavac.

Hal lain yang nampak membedakan antara vaksin Sinovac dan Sinopharm, ujar Tri Simanjuntak terletak pada jarak pemberian vaksinasi antara dosis pertama dengan dosis kedua.

“Untuk vaksin Sinopharm, jarak vaksinasi antara dosis pertama ke dosis kedua ada 21 hari. Berbeda dari vaksin Sinovac yang hanya 14 hari saja. Jadi, DPRD akan kembali divaksin pada tanggal 31 nanti,” imbuhnya.

Terkait perbedaan jarak vaksinasi dosis pertama dan kedua, pihaknya hanya mengikuti sesuai anjuran Juknis penggunaan vaksin yang telah diberikan oleh Kementerian Kesehatan.

Untuk vaksinasi tahap 2, Dinas Kesehatan Toba hanya mengaplikasikan kepada 820 orang sasaran.

“Vaksin yang sudah kita terima dari Dinas Kesehatan Provinsi sebanyak 100 vial untuk 1000 dosis saja. Dan itu yang akan kita gunakan untuk vaksinasi tahap 2 ini,” pungkasnya. (a36)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2