Waspada
Waspada » Vaksinasi Covid di Humbahas, Sasaran Pertama Nakes dan Pejabat Publik
Sumut

Vaksinasi Covid di Humbahas, Sasaran Pertama Nakes dan Pejabat Publik

DOLOKSANGGUL (Waspada): Pelaksanaan vaksinasi Corona Virus Diesase-19 (Covid-19) di Kab. Humbang Hasundutan (Humbahas) dijadwalkan pada bulan Februari mendatang.

Pada pelaksanaan vaksninasi tersebut, sasaran pertama adalah tenaga kesehatan (Nakes) dan pejabat publik dari unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

Kepala Dinas Kesehatan Kab. Humbahas, drg. Hasudungan Silaban melalui Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), dr. Harlan Sihombing didampingi Kasi Surveilans dan Imunisasi, Rommel Pasaribu kepada Waspada.id, di kantornya, Kamis (21/1) mengatakan, bahwa Nakes yang menjadi sasaran pertama vaksinasi diatas sebanyak 869 yang sudah di data di aplikasi Komite Penangglangan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) serta sepuluh pejabat public dari unsur Forkopimda.

Tahap berikutnya atau tahap II adalah ASN, tahap III masyarakat resiko tinggi dan tahap IV masyarakat yang belum tervaksin.

“Jadi target kita, semua dapat tervaksin terkecuali mereka yang tidak bisa diberi vaksin sesuai dengan SK Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit,” ujarnya.

Dijelaskan, sesuai SK Dirjen P2P Kemkes Nomor: 02.02/4/1/2021 tentang juknis pelaksanaan vaksinasi dalam rangka penanggulangan Covid-19, yang tidak bisa diberi vaksin Covid-19 produksi sinovac adalah pernah terkonfirmasi menderita Covid-19, ibu hamil dan menyusui, menjalani terapi jangka panjang terhadap penyakit kelainan, penderita penyakit jantung, penderita penyakit autoimun (lupus, sjogren, vascultis).

Kemudian, penderita penyakit ginjal, reumatik autoimun, penderita penyakit saluran pencernaan kronis, hipertiroid, kanker, kelainan darah, defisiensi imun, penerima transfuse, penderita gejala ISPA diabetes melitus, penderita HIV, penderita penyakit paru (asma, tuberkulosis).

Secara teknis alur pelaksanaan vaksinasi dibagi menjadi empat bagian (meja). Pada meja pertama dilakukan pendaftaran dan verifikasi data, meja dua skrining anamnesa dan pemeriksaan fisik sederhana serta edukasi Covid-19, meja tiga pemberian vaksi dan meja empat pencatatan dan pemberian kartu vaksinasi serta penanda edukasi pencegahan Covid-19.

Katanya lagi, dalam pelaksanan Vaksinasi, pihak Dinkes menyiapkan fasilitas pelayanan kesehatan yakni 12 Puskesmas Se-Kab Humbahas dan RSUD Doloksanggul serta melatih 36 vaksinator yang terdiri dari dokter dan para medis.

Untuk persiapan vaksinasi, pihak Dinkes membuat SK Pokja lintas sektoral dalam pelaksanaan vaksinasi C-19, pembuatan SK Faskes sebagai tempat pelaksanaan vaksinasi C-19.mendaftarkan Faskes pelaksanaan Vaksinasi C-19 ke aplikasi P-Care Vaksinasi BPJS, melakukan sosialisasi lintas sector, melakukan simulasi sebelum hari-H pelaksanaan vaksin dan melakukan pemantauan ke 13 Faskes dalam rangka mengevaluasi kesiapan dan cold chain logistic. (cas/a08)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2