Waspada
Waspada » Utamakan Kader Demokrat Uji Elektabiltas 6 Bacalon Bupati Asahan
Sumut

Utamakan Kader Demokrat Uji Elektabiltas 6 Bacalon Bupati Asahan

KISARAN (Waspada): DPC Partai Demokrat Asahan mengutamakan kader untuk maju Pilkada 2020, namun demikian tetap melakukan uji elektabiltas kepada 6 Bacalon Bupati Asahan, yang akan didukung maju dalam Pilkada 2020.

Ketua DPC Partai Demokrat Asahan Ilham Harahap, melalui Sekretarisnya Irwansyah Siagian, saat dihubungi Waspada, Minggu (5/1), menuturkan bahwa pembukaan pendaftaran dimulai pada 14-15 Desember 2019, dan pengembaliannya dilakukan secara serentak pada 4 Januari 2020, di Hotel Marina Kisaran.

Menurutnya yang mendaftar ada enam Bacalon, dengan pembagian empat berpasangan, yaitu Surya (Bupati Asahan) berpasangan dengan Taufik ZA (Sekdakab Asahan), Rosmansyah (Ketua DPC PDI P Asahan) berpasangan dengan Winda Fitrika (Istri Alm Taufan Gama Simatupang), Nurhajizah Marpaung (mantan Wagubsu) berpasangan dengan Henri Siregar (anggota DPRD Asahan), kemudian Syamsul Qodri (mantan Anggota DPRD Sumut) berpasangan dengan Bachtiar (pensiunan ASN). Sedangkan Bacalon yang mendaftar tidak berpasangan Panusunan Siregar (pengusaha), Idris (Panitra PN Seirampah).

“Para Bacalon ini akan kita uji elektabilitasnya, baik itu berdasarkan survei, dan faktor lainnya,” jelas Irwansyah.

Dalam penentuan dukungan ini, kata Irwanysah, selain elektabilitas Demokrat akan memperhatikan kesetaraan gender (Perwakilan perempuan dalam dunia politik), dan tentunya kader mempunyai nilai lebih.

“Ada kader Demokrat (bukan pengurus) yang ikut Bacalon Wakil Bupati yaitu Winda Fitrika,” jelas Irwansyah.

Namun demikian Irwansyah tidak menutup kemungkinan lain bahwa yang akan didukung Demokrat bukan kader, karena yang menentukan nanti sepenuhnya di tangan DPP Demokrat.

“Kita DPC hanya mengumpulkan, nama Bacalon Bupati yang mendaftar, dan selanjutnya akan kita kirim DPW dan diteruskan ke DPP Demokrat,” jelas Irwansyah.
Ditanya kapan rekomendasi itu akan dikeluarkan, Irwansyah belum bisa pastikan, namun prediksi bisa Februari atau Maret 2020.

“Tentunya Demokrat akan secepatnya mengeluarkan rekomendasi ini,” jelas Irwansyah. (a15/a31)

Waspada/Sapriadi

Ketua DPC Partai Demokrat Ilham Harahap bersama Pasangan Bacalon Bupati Asahan Surya-Taufik, duduk satu meja Balon Bupati Lainnya Rosmansyah, dan Pasangan Samsul Qodri-Bahktiar, saat pengembalian berkas pendaftaran Bacalon Bupati di Partai Demokrat Asahan

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2