Waspada
Waspada » UPT Samsat Sipirok Optimis Lampaui Capaian Target
Ekonomi Sumut

UPT Samsat Sipirok Optimis Lampaui Capaian Target

Kepala UPT PPD Samsat Sipirok Basrah Lubis saat menyampaikan keterangan di Padangsidimpuan. UPT Samsat Sipirok optimis lampaui capaian target. Waspada/Syarif Ali Usman
Kepala UPT PPD Samsat Sipirok Basrah Lubis saat menyampaikan keterangan di Padangsidimpuan. UPT Samsat Sipirok optimis lampaui capaian target. Waspada/Syarif Ali Usman

P. SIDIMPUAN (Waspada): UPT Pengelolaan Pendapatan Daerah (PPD) dan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Sipirok optimis target penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) 2020 akan tercapai bahkan melampaui target.

“Hingga tanggal 11 November, perolehan PKB sudah mencapai 94,9 persen dari target,” ujar Kepala UPT PPD Samsat Sipirik Basrah Lubis di Padangsidimpuan, Kamis (12/11). Katannya sisa waktu hingga akhir tahun masih satu setengah bulan lagi, sehingga sangat dimungkinkan pencapaian akan melampaui target.

Dikatakan, perolehan PKB dalam rentang waktu Bulan November Rp1.493.058.485, sedangkan perolehan sebelumnya dari Januari hingga Oktober Rp21.073.058.485. jadi, ujar Basrah, total keseluruhan hingga pekan kedua November Rp22.566.117.367. sedangkan yang ditargetkan Rp23.767.835.075. “Jadi, Insyaa Allah target akan terpenuhi,” ujar Basrah.

Pencapaian tersebut kata Basrah tidak terlepas dari antusian masyarakat yang memanfaatkan Pergub No. 40 tahun 2020, tentang pemutihan denda pajak kenderaan bermotor yang berlangsung dari 19 Oktober hingga 14 November.

Katanya, pemutihan dimaksud yakni denda Pajak Kenderaan Bermotor (PKB), pengurusan Bea Balik Nama Kenderaan Bermotor (BBNKB) baik yang kedua maupun BBNKB yang mutasi antar provinsi dan pemutihan denda tersebut tidak dibatasi meski sudah tertunggak 10 tahun.

Menurut Basrah pemberian keringanan itu untuk mengoptimalkan capaian target pendapatan asli daerah (PAD) di sektor pajak kenderaan bermotor sama seperti tahun sebelumnya, Namun Pergub ini tidak ada kaitannya dengan kondisi pandemi Covid-19. Karena pada Mei hingga Juli lalu juga sudah bebaskan denda atas kebijakan Gubernur terkait keringanan bagi warga di masa Pandemi Covid-19.

Sementara capaian pajak BBNKB Kedua dan BBNKB Mutasi sudah mencapai Rp19.218.018.535 dengan estimasi Rp26.537.179.000. Khusus untuk perimaan pajak sektor BBNKB , kita tidak bisa melakukan target berhubung kondisi ekonomi masyarakat dalam pembelian kenderaan baru maupun bekas tidak terdeteksi.

Untuk optimalisasi, UPT Samsat Sipirok memiliki 3 gerai yang berlokasi di Batangtoru, Sipirok Sayurmatinggi . Selain itu, adanya armada Samsat keliling yang beroperasi di Pasar Sempurna Marancar, Pasar Sitinjak , Pasar Simarpinggan, Pasar Sigalangan dan Pargarutan. Kemudian, bila tidak ada gangguan sistim IT, akan menambah armada yang akan melakukan pelayanan di kecamatan Sipirok, Arse dan kecamatan Sipirok Dolok Hole.

Dia berharap setelah agar masa pemutihan tersebut diperpanjang hingga Desember, karena antusias masyarakat di akhir masa pemutihan itu sangat tinggi dan kondisi saat ini proses angkat berkas yang mau masuk ke Tapsel sangat banyak, utamanya dari Padang, Pekan Baru, Bogor dan Jakarta. “Bila setelah evaluasi masa pemutihan di perpanjang, maka pencapaian PKB akan melampaui target,” ujar Basrah. (a31)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2