Waspada
Waspada » UPT Pelabuhan Tanjungbalai Asahan Gelar Pembinaan Nelayan
Sumut

UPT Pelabuhan Tanjungbalai Asahan Gelar Pembinaan Nelayan

KAPAL Nelayan yang bertambat di dermaga Pelabuhan Perikanan Tanjungbalai Asahan. UPT Pelabuhan Perikanan Tanjungbalai Asahan menggelar pembinaan nelayan bertempat di aula Kantor Pelabuhan Tanjungbalai Asahan, pekan lalu. Waspada/Ist
KAPAL Nelayan yang bertambat di dermaga Pelabuhan Perikanan Tanjungbalai Asahan. UPT Pelabuhan Perikanan Tanjungbalai Asahan menggelar pembinaan nelayan bertempat di aula Kantor Pelabuhan Tanjungbalai Asahan, pekan lalu. Waspada/Ist

MEDAN (Waspada): Unit Pelayanan Teknis (UPT) Pelabuhan Perikanan Tanjungbalai Asahan gelar pembinaan nelayan di wilayah Kerja Operasional Pelabuhan Perikanan UPT Pelabuhan Perikanan Tanjung Asahan, bertempat di aula Kantor Pelabuhan Tanjungbalai Asahan, pekan lalu.

Siaran pers yang diterima Waspada, di Medan, Rabu (24/3) menyebutkan, kegiatan ini merupakan salah satu program Pemerintah Sumut melalui Dinas Kelautan dan Perikanan, yaitu untuk melaksanakan Peraturan Menteri No 08 Tahun 2012 tentang Kepelabuhan.

Kegiatan ini diisi oleh 3 narasumber, yaitu Ir Nefri Siregar (Kepala Dinas Perikanan Tanjung Balai), Tomi Prasetya, S Pi (Dinas Perikanan Asahan), Sirman Rajagukguk, SPi, M Sc (Satuan PSDKP Asahan).

Kepala UPT Pelabuhan Perikanan Tanjungbalai Asahan Hasbir Batubara, SH, dalam sambutannya menjelaskan akan menjalin kerjasama dengan stakeholder di wilayah kerja pelabuhan.
Ini agar tujuan dapat terealisasi dengan tepat dan maksimal dalam hal peraturan perundang-undangan

Kementerian Kelautan dan Perikanan serta administrasi pelayanan di daerah, khususnya kapal penangkapan ikan dan pelaksanaan Permen No 08 Tahun 2012 tentang kepelabuhan.

Dengan adanya kegiatan ini, kapal nelayan dapat bersandar di dermaga UPT Pelabuhan Perikanan Tanjungbalai Asahan.

Kehadiran kapal itu juga nantinya dapat memberikan pelayanan maksimal kepada nelayan dan menambah PAD Sumut pada sektor perikanan melalui retribusi yang dilakukan oleh UPT Pelabuhan Perikanan Tanjungbalai Asahan.

Patuhi Protokol Kesehatan

Kemudian dalam hal yang sama, Reza mengatakan bahwa kegiatan ini dihadiri oleh 80 peserta yang dibagi dalam 2 utusan, yaitu 40 nelayan Tanjung Balai dan 40 nelayan Asahan.

Untuk mematuhi anjuran pemerintah dalam mengatasi dan mencegah penyebaran Covid-19, panitia melakukan kegiatan teknis pelaksanaan kegiatan ini dengan dibagi dalam 2 sesi.

Teknis pelaksanaan kegiatan yaitu 40 peserta pertama di dalam ruangan dan 40 peserta lainnya melakukan break di luar ruangan, dengan aturan Prokes yang telah ditentukan.

Panitia juga menyediakan seminar kit kepada peserta antara lain tas, balpoint, booknote, masker kesehatan dan tempat mencuci tangan, pungkas Reza.

Berdasarkan survei di lapangan yang dilakukan Hasbir Batubara, bahwa setelah kegiatan pembinaan nelayan di Wilayah Kerja Operasional Pelabuhan Perikanan UPT Pelabuhan Perikanan Tanjungbalai Asahan, kapal nelayan yang bertambat di dermaga Pelabuhan Perikanan Tanjungbalai Asahan mengalami peningkatan. (cpb/rel).

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2