Waspada
Waspada » Umat Islam Tetap Shalat Jumat Di Masjid
Sumut

Umat Islam Tetap Shalat Jumat Di Masjid

JAMAAH sholat jumat memadati masjid Ubudiyah P. Brandan. Waspada/Asrirrais

P. BRANDAN (Waspada): Umat Islam di P. Brandan dan sekitarnya tetap melaksanakan shalat Jumat berjamah di masjid di tengah ancaman virus corona.

Ancaman virus yang mematikan ini ternyata tidak menyurutkan langkah umat Islam untuk shalat ke masjid.

Sebagian besar masjid tampak dipenuhi jamaah yang melaksanakan shalat Jumat.

Khusus masjid yang berada di pinggiran Jalinsum, jamaah tak hanya warga lokal, tapi juga warga dari luar daerah yang kebetulan melintas, kemudian singgah untuk menunaikan kewajibannya.

Pantauan Waspada, Jumat (27/3), Masjid Ubudiyah yang berlokasi di pinggiran Jalinsum Medan-Aceh tepatanya di Kel. Brandan Barat, Kec. Babalan, tampak jamaah memadati sampai ke ruang teras masjid.

Salah seorang jamaah saat ditemui Waspada usai melaksanakan shalat mengatakan, ia tidak terlalu khawatir melaksanakan sholat jumat berjamaah di masjid, sebab daerah ini dinilainya masih aman dan belum termasuk dalam daftar daerah pandemi Covid-19.

Menurutnya, umat Islam yang berada di zona hijau, tetap diwajibkan menggelar sholat jumat di masjid, namun begitu, upaya kewaspadaan sesuai protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah harus tetap diindahkan.

Sementara itu, Ketua Badan Pengawas Masjid Ubudiyah, M. Ilyas Effendi mengungkapkan, tidak hanya sholat jumat, masjid ini setiap hari selalu ramai.

“Tidak hanya jumatan, tapi sholat lima waktu juga ramai. Pokoknya setiap waktu sholat jamaah selalu ramai,” imbuhnya.

Ilyas menuturkan, selagi pemerintah belum memberikan maklmuat atau larangan sementara untuk kegiatan ibadah di masjid, maka umat Islam di daerah ini akan datang ke masjid.

“Sebelum ada larangan, kami selalu memenuhi masjid,” kata Ilyas.

Sementara itu, Ketua Badan Kemakmuran Masjid (BKM) Ubudiyah H Syarun Hakim menuturkan, pihaknya selalu memperhatikan kebersihan lingkungan masjid.

“Pengurus masjid setiap hari mengepel lantai demi menjaga kebersihan,” ujarnya. (a02)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2