Waspada
Waspada » UM-Tapsel Gelar Konferensi Internasional, 150 Karya Ilmiah Dari 36 PT Dipresentasikan
Pendidikan Sumut

UM-Tapsel Gelar Konferensi Internasional, 150 Karya Ilmiah Dari 36 PT Dipresentasikan

Rektor UM-Tapsel Dra. Muksana Pasaribu, MA memberikan sambutan pada acara Konferensi Internasioal yang digelar Um-Tapsel, Selasa (10/11). UM-Tapsel gelar Konferensi Internasional, 150 karya ilmiah dari 36 PT diprsentasikan. Waspada/Mohot Lubis
Rektor UM-Tapsel Dra. Muksana Pasaribu, MA memberikan sambutan pada acara Konferensi Internasioal yang digelar Um-Tapsel, Selasa (10/11). UM-Tapsel gelar Konferensi Internasional, 150 karya ilmiah dari 36 PT diprsentasikan. Waspada/Mohot Lubis

P. SIDIMPUAN (Waspada) : Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan (UM-Tapsel) gelar Konferensi Internasional tentang ilmu terapan, teknik dan teknologi serta tentang kesehatan, ekonomi, manajemen, pendidikan, ilmu sosial dan humaniora secara online, Selasa (10/11).

Konferensi Internasional pertama yang digelar UM-Tapsel tersebut dibuka Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (L2Dikti) Wilayah 1 Sumut Prof. Ibnu Hajar, MSi secara virtual, menghadirkan 4 keynote speaker (pembicara utama) dari berbagai negara.

Pembicara utama atau narasumber yang memberikan pencerahan tentang kriteria dan standard publikasi karya ilmiah untuk bisa tampil di jurnal Scopus atau WOS yakni Prof. Dr. Mimi Naharlah Azwani binti Mohamed dari Universitas Tun Hussein Malaysia.

Kemudian Prof. Md. Mamun Habib dari Sekolah Bisnis Dan Kewirausahaan Universitas Independen Bangladesh, Muhammad Adam Jerussalem, Ph.D dari Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah dan Volodymyr Rusyn, Ph.D dari Ukraina.

Konferensi Internasional yang digelar dalam bahasa Inggeris tersebut selain diikuti dosen dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia yang melakukan penelitian untuk melahirkan karya ilmiah juga diikuti mahasiswa dan kalangan umum.

Rektor UM-Tapsel Dra. Muksana Pasaribu, MA mengatakan konferensi internasional yang digelar pertama di P. Sidimpuan secara online merupakan implementasi dari salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam bidang penelitian.

Melalui konferensi ini, lanjut Muksana, kendala yang dihadapi peneliti dalam menampilkan karya ilmiahnya di jurnal terindeks Scopus atau WOS dapat diatasi karena publikasi karya ilmiah sangat penting dalam dunia pendidikan.

150 Karya Ilmiah Dari 36 PT Dipresentasikan

Dalam konferensi internasioanl yang digelar UM-Tapsel dengan menghadirkan 4 pembicara dari 4 negara secara virtual diwarnai dengan ekspos atau presentasi dari 150 judul karya ilmiah hasil penelitian dari 36 Perguruan Tinggi (PT) di Indonesia

Ketua Panitia Konferensi Internasional Muhammad Darwis, MPd menjelaskan, 150 karya ilmiah hasil penelitian tersebut terdiri dari 1 dari UPI, 1 dari STMIK M Banten, 1 dari IKIP Siliwangi, 2 dari Universitas Budi Luhur, 3 dari Universitas Tadulako .

Selanjutnya 13 dari Univ. Wijaya Putra, 2 dari STIE Pontianak, 8 UM Palangkaraya, 2 dari Univ. Bina Nusantara, 2 dari STB Harapan Bersama Indonesia, 10 UM Tasikmalaya, 2 dari UNP, 2 dari UNIMED, 2 dari STTM Ciluengsi, 3 dari Universitas Hasanuddin.

10 dari Univ. Aufa Royhan P. Sidimpuan, 2 dari Univ. Alwasliyah Labuhan Batu, 1 dari AKBID Sinar Kasih Toraja, 1 dari Univ. Panca Sakti, 4 dari UM Surakarta, 1 dari Univ. Trunojoyo Madura, 1 dari IAIN Palu, 1 dari Univ. Bhayangkara Jaya Bekasi, 1 dari STKIP Nias Selatan

Kemudian 31 karya ilmiah dari UM-Tapsel, 2 dari USU, 15 dari IAIN P. Sidimpuan, 1 dari STKIP Bina Bangsa Meulaboh, 1 dari UM Sorong, 10 dari UNA 10, 1 dari Univ. Pertahanan, 1 dari Univ. Patimura, 1 dari IAIN Batu Sangkar, 3 dari UGN, 1 dari UNDIP, 5 dari USI.

Muhammad Darwis yang juga menjabat Dekan FKIP UM-Tapsel berharap dengan terlaksananya konferensi internasional ini, publikasi karya ilmiah pada jurnal internasional dapat meningkat.(a39).

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2