Ulama Dan Umara Tidak Bisa Dipisahkan

  • Bagikan

SEIRAMPAH (Waspada): Jika dua golongan manusia baik saling bergandengan tangan, maka akan baiklah seluruh manusia khususnya di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai).

Dua golongan ini tidak bisa dipisahkan, debagaimana dijelaskan dalam Sabda Rasulullah SAW yang artinya,
“Dua golongan manusia, jika mereka baik, akan baik seluruh manusia, dan jika ia rusak, akan rusak seluruh manusia, mereka adalah para Ulama dan Umara.” (HR Ibnu Nu’aim dalam Hilyatul Auliya

Demikian disampaikan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kab.Sergai H.Hasful Huznain,SH dalam tausiyah singkatnya pada acara halal bi halal Aliansi Muslim Peduli Ulama (AMPU) Kab.Sergai, Rabu (25/5) kemarin di kantor Sekretariat AMPU di Dusun VIII Desa Firdaus Kec. Sei Rampah yang dihadiri Bupati Sergai H Darma Wijaya dan Pengurus AMPU Sergai.

Golongan pertama lanjut Ketua MUI, para Ulama. Ulama adalah pewaris para Nabi dan penyambung lidah Mabi, para Nabi tidak mewariskan harta benda berupa emas, perak, dan tambang batubara.

” Namun para Nabi mewariskan Ilmu berdasarkan Al Qur’an dan Hadist, dengan ilmu itu para Ulama mengajak umat manusia untuk berperilaku Amar Makruf Nahi Mungkar”, sebut Hasful Huznain.

Sedangkan golongan kedua imbuh Ketua MUI, Umara (Pemerintah), Umara yang memperoleh amanah sebagai pemimpin dan memiliki kekuasaan dari masyarakat memiliki tugas diantaranya menata, mengatur dan mengurus masyarakatnya.

” Umara yang bersikap adil dalam memimpin, amanah, dan juga soleh dalam menjalankan tugasnya untuk kepentingan masyarakat, bukan untuk kepentingan pribadi menjadi harapan semua masyaraka”, tegas Hasful Huznain.

Ketua Umum AMPU Sergai Drs.H.Tamlih Nasution SE menuturkan halal bi halal ini merupakan wadah silaturahmi untuk menyatukan persepsi diantara kita sekaligus memperkuat persatuan dan kesatuan kita untuk mendukung program pemerintah membangun daerah Sergai.

” AMPU Sergai ini lahir dengan mempunyai dua tugas pokok, yakni pertama adalah kepedulian terhadap ulama yang setiap hari membimbing dan menuntun umat di Sergai, kedua adalah kepedulian Ulama terhadap kinerja, perjuangannya untuk membantu program-program pemerintah di daerah ini, karena para ulama kita paham dan sadar bahwa visi misi Bupati Sergai adalah Maju Terus (Mandiri, Sejahtera, Religius), sehingga hati para ulama terpanggil, Alhamdulillah AMPU sudah terbentuk dan didukung semua ulama di daerah ini “, papar H Tamlih.

Bupati Sergai H.Darma Wijaya dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa semua persoalan yang ada di Desa, Kecamatan dan Kabupaten bisa diatasi berkat Ulama.

” Ketika Ulama berbicara maka sejuk semuanya, kegiatan sederhana ini memang harus seperti ini dan saya sepakat setiap turun ke lapangan tidak ingin terkesan berlebihsn karena disamping untuk berhemat, dengan berhemat, maka biaya tersebut bisa dipergunakan untuk pembangunan infrstruktur jalan.

” Saya setuju dengan panitia yang seperti ini artinya bahwa kita duduk bersama di atas lantai dan kita semua adalah rakyat yang kedudukannya dimata Allah SWT sama”, cetus Darma Wijaya.

Diakui Bupati pernah dalam acara peringatan Maulid Nabi atau Isra’ Mikraj, disediakan di kursi besar, tapi tidak saya duduki sebab untuk Bupati saja sudah makan tempat, meskinya tempat itu bisa beberapa orang, akibatnya orang lain tidak memperoleh tempat duduk.

” Nah, hari ini AMPU telah memberikan contoh sederhana tersebut, terimakasih saya ucapkan”, sebut Bupati.

Sebelumnya Ketua Panitia Zulkarnaen SPd mengucapkan terimakasih kepada Bupati Sergai yang sudah bersedia hadi, kegiatan ini diselenggarakan sangat sederhana, duduk bersela dibawah bersama.

Biasanya lanjut Ketua Panitia, kalau Bupati datang dibuatkan panggung, disiapkan sound system yang megah dan diarak, namun pada kesempatan ini kami dari panitia hanya inilah yang mampu untuk menyiapkan kedatangan Bupati.

” Namun sesuai hadist Rasulullah SAW yang menegaskan “Sesungguh Allah SWT tidak melihat wajahmu yang tampan, cantik dan hartamu, tapi melihat hati kamu untuk dapat melaksanakan tugas yang diamanahkan sesuai dengan keikhlasan masing-masing”, sebut Zulkarnain.

Turut hadir dalam kegiatan Sekretaris Umum AMPU Sergai Zuhari, anggota DPRD Sergai yang juga Ketua Bidang Pemberdayaan Muslimah AMPU Sergai Hj.Yanti Handayani, Ketua Partai Gerindra Sergai Budi SE, Bendahara Umum AMPU Sergai Silpiana Sari, Ketua Bidang Komunikasi dan Humas AMPU Sergai Salamuddin, Sekretaris II AMPU Sergai Riduwan Rangkuti, Kadis PPKB, PP dan PA Sergai dr.Helmi Nur Sinaga.

Kenudian Sekretaris III AMPU Sergai Firman ,Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Sergai yang juga Kordinator Bidang Pendidikan & Budaya AMPU Sergai Drs.H. Darwis Rambe, Ketua FKI-1 Sergai M.Nur, Kordinator Bidang Kemasyarakatan AMPU Sergai, Drs H. Aizul Sidik, Kordinator Bidang Kaderisasi dan Dakwah AMPU Sergai Drs. Rdiwan Yahya, Tokoh agama Sergai H.Kisai Dalimunthe, Pengacara AMPU Sergai Ismet Lubis SH, Effendi SH, Zulkifli Ahmad SPdi, admin Secangkir Kopi Syaifuddin, pengamat politik Sergai Badrun SE dan pengurus lainnya. (a15)

Keterangan Foto: Ketua MUI Sergai H Hasful Huznain (tengah) mendampingi Bulati Sergai H Darma Wijaya bersama Ketua AMPU Sergai H Tamlih Nasution usai tausyiah halal bi halal Ampu Sergai di Desa Firdaus Kec.Sei Rampah, Rabu (25/5) kemarin. (Waspada/Ist)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.