TP PKKo Supervisi 10 Desa Percontohan di Simalungun

  • Bagikan

SIMALUNGUN (Waspada): Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Sumatera Utara (Provsu) melakukan supervisi terhadap 10 desa percontohan di Kab. Simalungun yang akan menjadi wakil daerah dalam perlombaan Desa Percontohan tingkat Provinsi untuk kategori lomba 10 program pokok PKK.

Kedatangan Tim Supervisi tersebut disambut Ketua TP PKK Kabupaten Simalungun Ny Ratnawati Radiapoh Hasiholan Sinaga bersama pengurus TP PKK lainnya, selanjutnya melakukan Pertemuan supervisi di Aula Kantor TP PKK Kab. Simalungun, di Pamatangraya, Selasa, (24/05).

Pertemuan itu juga dihadiri sejumlah pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Simalungun, sejumlah Camat dan TP PKK Kecamatan serta TP PKK dari 10 desa percontohan yang ikut perlombaan. Diawali dengan penyerahan laporan oleh 10 PKK desa peserta lomba kepada PKK Provinsi Sumut dan dilanjutkan dengan kegiatan supervisi.

Ketua Tim Supervisi TP PKK Provsu Nirman Nasution menyampaikan, gerakan PKK adalah gerakan nasional dalam pembangunan masyarakat yang pengelolaannya oleh dan untuk masyarakat menuju masyarakat beriman, berahklak, sehat sejahtera, maju mandiri dan kesetaraan jender.

Menurut Nirman, supervisi bertujuan untuk mengetahui berbagai kegiatan yang telah dilaksanakan PKK Kabupaten/Kota yang didukung oleh Dinas atau Organisasi Perangkat Daerah serta mitra kerja untuk membina kecamatan dan desa dalam menjalankan 10 program pokok PKK.

Sementara itu, Ketua PKK Kab. Simalungun Ny Ratnawati Radiapoh Hasiholan Sinaga menyampaikan, kedatangan tim supervisi PKK Sumut adalah untuk membina sekaligus evaluasi program kerja yang telah dilaksanakan oleh PKK Kabupaten, Kecamatan dan Desa se-Kab. Simalungun, sekaligus untuk melihat kemajuan desa setelah dibina serentak dalam rangka mengetahui apa saja manfaat yang dirasakan oleh keluarga dan masyarakat.

Ratnawati mengatakan, bahwa 10 desa percontohan yang ada di Kab. Simalungun akan mengupayakan yang terbaik sehinga bisa menjadi juara dalam perlombaan nantinya.

“Kami harapkan bapak ataupun ibu, dan secara khusus PKK, Kepala Desa dan Kelurahan agar memberikan perhatian yang sungguh-sungguh dalam kegiatan supervisi ini,” harap Ratnawati.

Kemudian Ratnawati meminta, hal penting dalam supervisi, agar direalisasikan dan ditindaklanjuti di desa masing-masing, dan kepada pembina TP PKK agar tetap memberi perhatian dalam bentuk kegiatan program pada desa binaan.

Selanjutnya, dihadapan TP PKK Sumut Ratnawati mengatakan  bahwa melakukan pembinaan di desa bukanlah pekerjaan yang mudah. Karena yang akan dibina adalah desa yang dihuni masyarakat yang majemuk dengan tingkat pendidikan yang beragam serta gaya hidup yang berbeda satu sama lain, kesejahteran yang bervariasi dan kemampuan keuangan yang terbatas adalah masalah yang dijumpai.

” Namun jiwa pengabdian yang tinggi dan tulus dari semua tim PKK Kabupaten sampai Desa, para tim pembina dan masyarakat, maka setiap masalah yang ada kami jadikan tantangan untuk pencapaian tujuan pergerakan PKK di Simalungun,” pungkas Ratnawati.(a27)..

Ket.gbr: Ketua PKK Kab. Simalungun Ny Ratnawati Radiapoh Hasiholan Sinaga saat menyampaikan bimbingan dan arahan dihadapan tim PKK Kecamatan dan desa dalam rangka supervisi 10 desa percontohan Kab. Simalungun, Selasa (24/5).

Ket.gbr: Ketua Tim Supervisi TP PKK Provsu Nirman Nasution saat menyampaikan bimbingan dan arahan dalam rangka supervisi 10 desa percontohan di Kab. Simalungun, Selasa (24/5).

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.