Tokoh Masyarakat Datangi UPT Bina Marga Pemprovsu Wilayah Tarutung

Tokoh Masyarakat Datangi UPT Bina Marga Pemprovsu Wilayah Tarutung
Minta Lanjutkan Perbaikan Jalan Parsoburan - Labura

  • Bagikan
Kondisi jalan provinsi yang berlokasi di Desa Pagar Gunung Kecamatan Nassau Kabupaten Toba yang sudah dihotmix oleh UPT Jalan dan Jembatan Wilayah Tarutung Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi Provinsi Sumatera Utara (Waspada/dok)
Kondisi jalan provinsi yang berlokasi di Desa Pagar Gunung Kecamatan Nassau Kabupaten Toba yang sudah dihotmix oleh UPT Jalan dan Jembatan Wilayah Tarutung Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi Provinsi Sumatera Utara (Waspada/dok)

Tarutung, (Waspada) : Sejumlah tokoh masyarakat Pagar Gunung Kecamatan Nassau Kabupaten Toba, dalam kunjungannya bersama sejumlah warga ke Kantor UPT Jalan dan Jembatan Wilayah Tarutung Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi Provinsi Sumatera Utara, Kamis (18/11) di Tarutung – Taput, meminta agar pelaksanaan pembangunan ruas jalan Parsoburan – Labura terus dilanjutkan dan jangan terpengaruh dengan sekelompok orang.

“Kami masyarakat setempat sangat berterimaksih dengan kelanjutan pembangunan jalan tersebut, khususnya kepada Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi Provinsi Sumatera Utara atas adanya pekerjaan peningkatan kapasitas jalan provinsi di ruas jalan Desa Pagar Gunung Kecamatan Nassau Kabupaten Toba – batas Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura). Kami sangat bersyukur dan mendukung adanya pembangunan di desa kami. Dengan adanya proyek peningkatan akses jalan provinsi dan saluran drainase di Kecamatan Nassau Kabupaten Toba di tahun 2021 ini sangat kami syukuri. Untuk itu kami juga berharap, tahun 2022, peningkatan jalan sepanjang 12 Km lagi sampai batas ke Labuhanbatu Utara bisa dilanjutkan kembali oleh UPT Bina Marga dan Bina Kontruksi Wilayah Tarutung di Kecamatan Nassau. Akses jalan ini akan sangat mendukung pertumbuhan ekonomi di Kecamatan Nassau. Bila akses jalan sampai batas Labura bagus, masyarakat Kecamatan Nassau pasti tidak sulit lagi menjual hasil komoditi pertaniannya ke Labura. Sebab jarak tempuh dari Nassau ke Labura hanya memakan waktu 1,5 jam saja,” ungkapnya.

Dia juga mengungkapkan, kondisi ini dapat menjadi peluang ekonomi yang berkeadilan, dikarenakan dapat mengirim hasil perkebunan sawit ke lokasi lebih dekat, yaitu Kabupaten Labura.

Selain itu, Camat Nassau Kabupaten Toba, Timbul Sipahutar yang hadir dalam pertemuan itu juga menyampaikan, rasa terima kasihnya kepada Kepala UPT Jalan dan Jembatan Tarutung Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi Provinsi Sumut atas pembangunan jalan di Desa Pagar Gunung.

“Bahwasanya jalan ini sudah lama tidak diperbaiki atau dibangun yang mengakibatkan para penduduk sangat sulit untuk menjual hasil perkebunan sawit dikarenakan kondisi jalan sangat rusak dan susah untuk dilalui oleh kendaraan roda empat. Tetapi dengan adanya peningkatan jalan provinsi dan saluran drainase tahun 2021 ini dari Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi Provinsi Sumatera Utara, masyarakat sangat berterima kasih, ujar Timbul.

Untuk tahun 2022, dia mengharapkan, Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi Provinsi Sumut bisa melanjutkan pembangunan jalan sampai batas ke Labura. Tujuannya supaya masyarakat menjual hasil komiditi perkebunan sawit dan karet sudah dekat. Bila pembangunan akses jalan dari Kecamatan Nassau Kabupaten Toba bagus sampai batas Kabupaten Labura, pasti perekenomian masyarakat akan cepat meningkat.

Dalam kesempatan itu, Kepala UPT Jalan dan Jembatan Wilayah Tarutung Dinas Bina Marga dan Bina Kontruksi Provinsi Sumatera Utara, Rico Sianipar menjelaskan, proses peningkatan kapasitas jalan provinsi di ruas jalan Parsoburan – Batas Labura yang berlokasi di Desa Pagar Gunung Kecamatan Nassau Kabupaten Toba masih berjalan. “Bagian-bagian pekerjaan yang mengalami kerusakan kemarin sudah diperbaiki,” jelasnya.

Dia menyampaikan, perbaikan pekerjaan didasari pada saat pelaksanaan pekerjaan terjadi kerusakan pada aspal dan drainase. Pada perbaikan ini tetap dilaksanakan sesuai dengan spesifikasi teknis jalan dan jembatan yang berlaku. Kerusakan pekerjaan aspal dan drainase telah diperbaiki oleh pihak penyedia jasa pada masa pelaksanaan pekerjaan berjalan.

“Penyedia jasa dalam proyek tersebut yakni PT Eratama Putra Perkasa dan Konsultan Supervisi Rancang yakni CV Prima Rancang. Penanganan pekerjaan yaitu, peningkatan kapasitas struktur jalan provinsi dan saluran drainaes di ruas jalan Parsoburan – batas Kabupaten Labuhan Batu Utara di Kabupaten Toba tepatnya Desa Pagar Gunung Kecamatan Nassau. Pelaksanaan pekerjaan ini dilakukan sepanjang efektif 5000 meter dengan lebar 4,5 meter, ” terangnya. (a09)


  • Bagikan