Waspada
Waspada » Tokoh Etnis Tionghoa Karo Berikan 10 Pompa Gendong
Headlines Sumut

Tokoh Etnis Tionghoa Karo Berikan 10 Pompa Gendong

BUPATI Karo, Sekdakab Karo, Ketua Tim Gugus Tugas diabadikan bersama tokoh etnis Tionghoa Kabanjahe, Alex Chandra, Lukas Sugito, Sulaiman dan Risno. Waspada/Ist
BUPATI Karo, Sekdakab Karo, Ketua Tim Gugus Tugas diabadikan bersama tokoh etnis Tionghoa Kabanjahe, Alex Chandra, Lukas Sugito, Sulaiman dan Risno. Waspada/Ist

TANAH KARO (Waspada): Guna mencegah penyebaran virus corona (Covid-19). Masyarakat etnis Tionghoa Kab. Karo berikan 10 pompa gendong kepada Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19, di Media Center Aula Dinas Kesehatan, Jl. Kapten Selamat Ketaren Kabanjahe, Kamis (26/3).

Penyerahan bantuan itu turut dihadiri, Bupati Karo, Terkelin Brahmana, Sekdakab Karo, Drs Kamperas Terkelin Purba, Ketua Tim Gugus Tugas, Ir Martin Sitepu, Kepala Dinas Kesehatan drg Irna Safrina Milala dan Kepala Kesbang Pol Linmas Kab. Karo, Tetap Ginting.

Sementara masyarakat etnis Tionghoa Kab. Karo diwakili Alex Chandra, Lukas Sugito, Sulaiman, Risno dan Humas Robert Tarigan, SH.

Alex Chandra menjelaskan, bantuan yang mereka berikan semoga bermanfaat untuk melawan penyebaran virus Corona saat ini. Untuk mencegah penyebaran Covid 19 ini, tidak cukup hanya tugas Pemkab Karo dan Gugus Tugas saja, namun semua pihak dan elemen masyarakat harus kompak dan saling mendukung.

Kita harus bersatu turun tangan langsung ke permukiman penduduk sambil mengedukasi warga soal pola hidup sehat dan cara membuat cairan disinfektan, tuturnya.

“Penyemprotan disinfektan sebagai salah satu upaya pencegahan penyebaran virus Corona semakin meluas, butuh kerjasama dan kesadaran masyarakat, tidak hanya di perkotaan tapi juga di seluruh pelosok pedesaan,” katanya.

Tokoh Etnis Tionghoa

Alex Chandra didampingi Robert Tarigan yang juga inisiator bantuan sosial dari tokoh etnis Tionghoa itu menambahkan. Untuk membantu Pemkab Karo maupun Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19, melakukan penyemprotan disinfektan di sejumlah lokasi daerah ini, pasti kewalahan dengan peralatan yang sangat terbatas.

“Apalagi virus corona baru kali ini kita hadapi, jadi butuh kekompakan dan kesadaran semua pihak untuk saling mendukung, kerjasama dan saling membantu,” katanya.

Bupati Karo, Terkelin Brahmana, memuji sikap empati dan rasa peduli dari tokoh etnis Tionghoa Tanah Karo memberikan bantuan sosial berupa pompa gendong. Kegunanya untuk melakukan sterilisasi dengan cara, menyemprotkan cairan disinfektan pada area pelayanan dan area kerja kantor serta ruang publik.

Sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di Kab. Karo. “Ini bukti kita kompak melawan virus corona,” ungkap Bupati.

Lanjutnya, langkah ini sangat disarankan untuk menghambat penyebaran Virus Corona (Covid-19). Untuk tempat-tempat yang menjadi pusat layanan publik saya anjurkan, dapat melakukan penyemprotan cairan disinfektan.

Kalau bisa dilakukan sesering mungkin, apalagi kalau setiap harinya selalu didatangi orang yang berbeda-beda, jelas Terkelin.

“Untuk mencegah penularan Virus Corona (Covid-19), Pemkab Karo, saat ini mengutamakan social distancing yang disebut juga physical distancing, yaitu dengan menjaga jarak agar tidak kontak langsung,” ajaknya.

Hal senada juga dikatakan, Ketua Tim Gugus Tugas, Ir Martin Sitepu. Dia mengapresiasi kepedulian tokoh Etnis Tionghoa Kab.Karo, bantuan ini tentunya sangat membantu bagi Tim Gugus Tugas.

Pada kesempatan itu, menghimbau masyarakat agar tidak keluar rumah, jauh lebih aman bersama keluarga tetap di rumah, untuk menghempang laju penyebaran virus mematikan itu, tegasnya.(c10/C).

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2