Waspada
Waspada » TNI AL Operasi SAR Kapal Terbakar Di Perairan Asahan
Headlines Sumut

TNI AL Operasi SAR Kapal Terbakar Di Perairan Asahan

Petugas dari Lanal TBA mengevakuasi nelayan korban kebakaran ke Posal Baganasahan. TNI AL Operasi SAR Kapal Terbakar Di Perairan Asahan. Waspada/Ist
Petugas dari Lanal TBA mengevakuasi nelayan korban kebakaran ke Posal Baganasahan. TNI AL Operasi SAR Kapal Terbakar Di Perairan Asahan. Waspada/Ist

TANJUNGBALAI (Waspada) : Prajurit Pangkalan TNI AL Tanjungbalai Asahan berhasil mengevakuasi nahkoda dan ABK KM Hasil Jaya milik toke ikan asin, Yakup alias WL yang terbakar di perairan Tanjungapi Asahan, Rabu (7/4) sore.

Danlanal TBA Letkol Laut (P) Robinson Hendrik Etwiory SE menjelaskan, pihaknya menerjunkan dua kapal patroli Sea Rider untuk operasi Search and Rescue (SAR). Hasil pemeriksaan kata Danlanal, api diduga berasal dari knalpot kapal yang bocor menyemburkan api sehingga menyambar tangki penyimpanan BBM.

Api dengan cepat menyambar minyak dan membakar dengan cepat kapal berbahan konstruksi kayu tersebut. ABK yang tidak lagi mampu memadamkan api langsung menyelamatkan diri dengan ke laut. Beruntung ada kapal nelayan lain yang kebetulan lewat sehingga bisa diselamatkan terlebih dahulu sebelum dievakuasi oleh SAR Lanal Tanjungbalai Asahan.

Saat ini kata Danlanal, tigabelas ABK dalam kondisi selamat. Lima ABK dan nahkoda/tekong atas nama Sarjuk dievakuasi tim SAR Lanal TBA ke Posal Baganasahan untuk selanjutnya diantar pulang ke rumah masing-masing. Sementara 7 ABK lainnya masih berada di KM Bahari Perkasa yang saat ini berupaya menarik bangkai kapal untuk dibawa ke daratan terdekat.

Barang barang yang berhasil terselamatkan papar Danlanal, satu unit Fish Finder, tabung gas 20 kg, dokumen kapal dan tas pribadi. Pada pukul 19.30 WIB Patkamla Sea Rider Lanal TBA sandar di dermaga Posal Baganasahan. ABK semua didata dan diamankan di Posal Bagan Asahan. Kerugian ditaksir Rp1,5 M

Kehadiran TNI AL dalam SAR di Laut ini ungkap Danlanal merupakan perintah langsung dari Kasal melalui Panglima Koarmada I yang menekankan bila ada kesulitan di laut atau wilayah kerja TNI AL, maka wajib hadir untuk menolong walau tidak diminta. Sehingga Danlantamal I Belawan memerintahkan jajarannya, Lanal TBA untuk evakuasi korban sebagai pertolongan. (A21/A22)

Berita terkait:

Kapal Pukat Apung Terbakar Hebat, ABK Terjun Ke Laut

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2