Waspada
Waspada » Timur Tumanggor: Pemikiran Ki Hajar Dewantara Menginspirasi Insan Pendidikan
Pendidikan Sumut

Timur Tumanggor: Pemikiran Ki Hajar Dewantara Menginspirasi Insan Pendidikan

Kadis Pendidikan Kabupaten Deliserdang H. Timur Tumanggor foto beberapa waktu lalu. Timur Tumanggor: Pemikiran Ki Hajar Dewantara Menginspirasi Insan Pendidikan. Waspada/Edward Limbong
Kadis Pendidikan Kabupaten Deliserdang H. Timur Tumanggor foto beberapa waktu lalu. Timur Tumanggor: Pemikiran Ki Hajar Dewantara Menginspirasi Insan Pendidikan. Waspada/Edward Limbong

DELISERDANG (Waspada): Peringati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), Kadis Pendidikan Kabupaten Deliserdang H. Timur Tumanggor mengenang pemikiran dari sosok Raden Mas Soewardi Soerjaningrat atau Ki Hajar Dewantara yang menginspirasi seluruh insan pendidikan di tanah air Indonesia.

Awalnya, Timur menyinggung 2 Mei sebagai Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) adalah hari lahir Ki Hajar Dewantara. Menurut Timur, perayaan diperingati dengan mempelajari pemikiran Ki Hajar Dewantara.

Peringatan Hardiknas di Kabupaten Deliserdang meskipun dalam keterbatasan karena suasana pandemi Covid-19 yang masih mengancam kesehatan dan keselamatan, sehingga prosesi peringatannya dilaksanakan secara virtual maupun secara tatap muka terbatas dengan protokol kesehatan yang ketat.

“Hardiknas yang ditetapkan oleh pemerintah pada tanggal 02 Mei setiap tahunnya dimaksudkan untuk mengenang dan memperingati kelahiran Bapak Ki Hajar Dewantara seorang tokoh dan pelopor pendidikan di Indonesia, serta pendiri lembaga pendidikan Taman Siswa,” kata Timur dalam sambutannya yang diterima Waspada.id, Minggu (2/5).

Timur mengatakan, buah pikiran Ki Hajar Dewantara yang terkenal sehingga menginspirasi seluruh insan pendidikan ditanah air tercinta Indonesia sampai sekarang ini adalah, “Ing Ngarsa Sung Tulada” yang artinya didepan menjadi tauladan. “Ing Madya Mangun Karsa” yang artinya ditengah membangun kehendak atau membangkitkan semangat dan “Tut Wuri Handayani” yang artinya dibelakang memberi dorongan.

“Sungguh pemikiran yang terus menginspirasi, bahkan menjadi tuntunan moral guru dan tenaga kependidikan baik secara nasional maupun di Kabupaten Deliserdang, dalam mengemban amanah mencerdaskan kehidupan bangsa guna mewujudkan Deliserdang yang Maju dan Sejahtera dengan Masyarakatnya yang Religius, Rukun dalam Kebhinekaan,” ujar Timur.

Timur juga menyebutkan, Hardiknas tahun 2021 ini mengambil tema Serentak Bergerak mewujudkan Merdeka Belajar. “Artinya melalui program Merdeka Belajar diharapkan semua elemen pendidikan nasional dan daerah, harus bergerak tanpa digerakkan dan harus menjadi penggerak bagi komunitasnya, terutama bagi peserta didik dan pendidik, serta komunitas di satuan pendidikan dan antar satuan pendidikan,” sebut Timur.

“Tentu saja tujuan akhirnya adalah bagaimana “Golden Age”atau Generasi Emas 2045 dapat kita wujudkan bersama-sama demi untuk mencapai Deliserdang yang Maju dan Sejahtera dengan Masyarakatnya yang Religius, Rukun dalam Kebhinekaan”, sebagai bagian dari upaya Pemerintah Kabupaten Deliserdang ikut serta dan berperan aktif mewujudkan Indonesia Maju,” tambah Timur.

Dalam kesempatannya, Timur juga berpesan kepada para guru, para siswa, serta para orangtua/wali siswa, sebagaimana Deliserdang kembali ke zona merah penyebaran Covid-19 sehingga pembelajaran tatap muka belum dapat dilaksanakan.

“Dan kita tetap melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dengan strategi daring-luring dan home visit. Harapan saya kiranya kita semua dapat bersabar dan menahan diri untuk tetap mengikuti peraturan pemerintah melaksanakan 3 M (Memakai Masker-Mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir-Menjaga jarak) ketika berada diluar rumah, serta tidak memaksakan diri untuk mudik dalam menyambut datangnya hari raya Idulfitri 1422 H. Do’a kami untuk kita semuanya kiranya kita senantiasa dalam keadaan sehat walafiat dan dalam lindungan Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa,” tutup Timur. (a16/a01)

Kadis Pendidikan Kabupaten Deliserdang H. Timur Tumanggor foto beberapa waktu lalu. Timur Tumanggor: Pemikiran Ki Hajar Dewantara Menginspirasi Insan Pendidikan. Waspada/Edward Limbong

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2