Waspada
Waspada » Tiga Pimpinan DPRD Karo Dapat Mobil Baru
Headlines Sumut

Tiga Pimpinan DPRD Karo Dapat Mobil Baru

Salah satu mobil baru dari tiga pimpinan DPRD Karo yang dibeli. Waspada/Panitra Nedy
Salah satu mobil baru dari tiga pimpinan DPRD Karo yang dibeli. Waspada/Panitra Nedy

TANAH KARO (Waspada): Tiga pimpinan DPRD Karo masa kepemimpinan 2019-2014 mendapat mobil baru merek Nissan Terra VL 4X4 seharga Rp644.600.000 per unit.

Mereka yang mendapat mobil baru adalah Ketua DPRD Iriani Tarigan, nopol BK 3 S, Wakil Ketua Sadarta Bukit, nopol BK 7 S dan David Kristian Sitepu, nopol BK 8 S.

Sekretaris DPRD Karo Petrus Ginting kepada Waspada, Selasa (15/9) menyebutkan, berdasarkan Peraturan Pemerintah nomor 8 tahun 2018 tentang hak keuangan dan anggota dewan, maka kepada pimpinan dewan diberikan rumah jabatan dan mobil jabatan.

Namun mereka tidak berhak lagi atas tujangan perumahan dan trasportasi, jelas Ginting.

Pejabat Pembuat Komitmen pengadaan mobil dinas ketiga pimpinan dewan, Aprianto Karo-karo, SH. M.Si menyebutkan, pembelian mobil dinas ketiga pimpinan dewan, tidak bermasalah.

Soalnya sebelum pengadaan, dilakukan terlebih dahulu pemeriksaan dokumen, termasuk dana pengadaan mobil dinas tidak bermasalah. Sehingga proses pelaksanaan pengadaan mobil dilaksanakan beberapa kali tahapan dan pernah juga gagal karena barang yang dibutuhkan tidak tersedia.

Pagu anggaran yang telah ditampung dalam APBD Karo tahun 2020 untuk pengadaan ketiga mobil dinas sekitar Rp2,108 miliar dan realisasi harga Rp1,933 miliar yang dimenangkan oleh PT. ITN, jelasnya.

Ketua DPRD Karo Iriani Tarigan didampingi Wakil Ketua Sadarta Bukit dan Wakil Ketua David Kristian Sitepu menyebutkan, pengadaan ketiga mobil dinas pimpinan DPRD Karo ditampung di dalam APBD Induk Kabupaten Karo tahun anggaran 2020.

Sedangkan pengesahan APBD Karo tahun 2020 ini pada September 2019 sebelum anggota dewan masa tugas 2019-2014 dilantik. Jadi, ketiga pimpinan dewan yang mendapat mobil baru ini, sebenarnya tidak mengetahui sama sekali, terlebih saat ini masa pandemi Covid-19, sebut Iriani.

Kedua Wakil Ketua DPRD menambahkan, jika dihitung-hitung, tunjangan transportasi yang seharusnya diterima anggota DPRD Rp13 juta perbulan, sudah dipotong, dihitung selama 5 tahun masa tugas, jumlahnya sekitar Rp780 juta.

Sementara, seusai melaksanakan tugasnya sebagai anggota dewan selama 5 tahun itu, maka mobil dinas ini akan dikembalikan, jelas mereka. (a06)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2