Tertibkan Pengkoordinir Anak-Anak Minta Sumbangan - Waspada

Tertibkan Pengkoordinir Anak-Anak Minta Sumbangan

  • Bagikan
Dua anak-anak (foto) saat keluar dari kedai kopi di Jl Merdeka. Waspada/Iwan Has
Dua anak-anak (foto) saat keluar dari kedai kopi di Jl Merdeka. Waspada/Iwan Has

TANJUNGTIRAM (Waspada): Banyaknya anak-anak dan pemuda yang meminta sumbangan di jalanan, kedai kopi, ruko bahkan rumah penduduk dengan membawa kaleng cat hijau dengan bermodalkan surat kepala desa, ada yang pakai map surat maupun proposal, memicu keresahan warga di sekitar Kec Tanjungtiram, Batubara.

“Sebaiknya di sini pihak berkompeten menertibkan berbagai kutipan sumbangan tersebut apalagi mengkoordinir puluhan anak-anak dengan imbalan hasil kutipan dibagi dua. Efeknya anak-anak tergiur malas sekolah dan mengaji,” kata Bakar, tokoh masyarakat di kota nelayan Tanjungtiram, Jum’at (26/6).

Salah seorang anak yang meminta sumbangan di kedai kopi Jl Merdeka mengakui, beberapa orang temannya di suruh pengurus salah satu rumah ibadah di Desa Bagan Dalam dengan imbalan hasil kutipan dibagi dua.

“Hasil kutipan sehari bisa dapat Rp50 ribu sampai Rp100 ribu dan dapat upah Rp25 ribu sampai Rp50 ribu perhari. Uangnya untuk jajan dan saat ini belum masuk sekolah,” sebut si anak malu-malu dan engan menyebutkan namanya. (a18)

  • Bagikan