Terkait Dana Desa, Praperadilan Mantan Camat Natal Kandas - Waspada

Terkait Dana Desa, Praperadilan Mantan Camat Natal Kandas

  • Bagikan

MADINA (Waspada): Praperadilan yang diajukan mantan Camat Natal, Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Riplan Nasution terhadap Kacabjari Natal, Yus Iman M Harepa dalam kasus dugaan korupsi penggunaan anggaran Dana Desa tabun 2019 – 2020 kandas.

Itu diketahui setelah Hakim Ketua Pengadilan Negeri (PN) Madina, Arief Yudiarto SH, MH menolak semua permohonan pemohon pada sidang tahap pendengaran putusan di PN Madina, Selasa, (14/9).

Sidang lanjutan kali ini tersangka Riplan Nasution hanya diwakili tim kuasa hukumnya Ridwan Rangkuti SH MH. Sedangkan dari pihak Kejaksaan dihadiri langsung Kacabjari Natal, Yus Iman M. Harefa, Kacabjari Kotanopan, Arga Hutagalung, Kasi Pidsus Daniel Barus serta tim dari kejaksaan lainnya.Dengan terbitnya putusan Pra-pradilan dengan tersangka Riplan Nasution dari PN Madina Nomor:2/Pid.Pra/2021/PN Mdl,  selanjutnya proses penyidikan lanjutan dilimpahkan kembali ke Kejaksaan Negeri Madina.

Dalam persidangan yang dipantau Waspada.id, Hakim menerangkan bahwa permohonan pemohon tidak dapat membuktikan dalil-dalil yang diajukan, sehingga hakim menolak/memutuskan permohonan pemohon ditolak seluruhnya.

Hakim berpendapat bahwa seluruh prosedur yang dijalankan oleh penyidik Cabjari Natal dari tahap penyelidikan sampai dengan tahap penetapan tersangka adalah “SAH” dan sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku.

Hakim juga menimbang dan memutuskan jika menurut keterangan saksi dan para ahli yang telah dihadirkan untuk dimintai keterangan menyatakan jika pemohon tidak mencukupi bukti yang kuat dalam hal praperadilan tersebut. Pemohon juga tidak dapat membuktikan dan memenuhi segala pembuktian kepada Hakim sampai batas waktu yang diberikan oleh Hakim Pengadilan Negeri Madina.

Kacabjari Natal,Yus Iman M. Harefa usai persidangan kepada Waspada.id menjelaskan jika keputusan pra peradilan saat ini telah didengarkan, selanjutnya Cabjari Natal akan segera melakukan proses penyidikan lanjutan sampai ke tahap persidangan. Ia berharap tersangka Riplan Nasution dapat bersikap kooperatif agar proses ini bisa dijalankan dengan baik.

Sementara itu Kuasa Hukum dari tersangka, Ridwan Rangkuti SH MH saat dimintai keterangan oleh Waspada.id selepas putusan sidang mengatakan jika pihaknya menghormati semua putusan hakim, dan akan segera menyerahkan pemohon (R) ke Kejaksaan secepatnya.(a.32)

Keterangan Foto : Sidang Putusan Pra Peradilan Mantan Camat Natal Di PN Madina. (Waspada/Sarmin Harahap)

  • Bagikan