Waspada
Waspada » Tanjungbalai Siap Sambut 440 TKI  Dipulangkan Dari Malaysia
Sumut

Tanjungbalai Siap Sambut 440 TKI  Dipulangkan Dari Malaysia

Wali Kota Tanjungbalai HM Syahrial memeriksa kesiapan Pelabuhan Teluknibung menyambut warganya yang akan dipulangkan dari Malaysia karena terampak Covid-19. Waspada/Ist
Wali Kota Tanjungbalai HM Syahrial memeriksa kesiapan Pelabuhan Teluknibung menyambut warganya yang akan dipulangkan dari Malaysia karena terampak Covid-19. Waspada/Ist

TANJUNGBALAI (Waspada) : Kota Tanjungbalai melakukan persiapan menyambut 440 TKI/WNI asal kota itu yang akan dipulangkan dari Malaysia akibat terdampak Covid-19, Senin (11/5).

Wali Kota Tanjungbalai, HM Syahrial memeriksa langsung sarana dan prasarana pendukung terutama di RSUD dr Tengku Mansyur dan Posko Karantina Sementara di GOR Mini Seitualang Raso. Pemeriksaan meliputi mulai kesiapan paramedis, petugas penjagaan, dan perlengkapan yang dibutuhkan.

Wali kota selanjutnya mendatangi tangkahan PT Sabas melihat kesiapan 10 awak kapal dan 3 petugas medis yang dijadwalkan akan berangkat menuju Port Klang, Malaysia, Senin, (11/5/2020). Wali kota juga menyampaikan akan melakukan Rapid Test kepada para ABK Kapal KMP Jet Star 1 dan juga petugas medis.

Lokasi terakhir yang diperiksa, Pelabuhan Penumpang Teluknibung didampingi petugas KSOP dan PT Pelindo I Cab Tanjungbalai. Wali kota mengecek persiapan para petugas pelabuhan dan peralatan yang akan digunakan untuk pemeriksaan awal para TKI saat tiba di Tanjungbalai.

Di lokasi itu nantinya para TKI langsung diperiksa petugas Karantina Kesehatan sebelum dipindahkan ke Posko Karantina Sementara.

Wali kota dalam kesempatan itu menyampaikan seluruh fasilitas dalam keadaan baik dan siap untuk digunakan.

Wali kota juga menyatakan sudah berkoordinasi dengan berbagai pihak mulai dari Polres Tanjungbalai, Kodim 0208/AS, Lanal TBA, Karantina Kesehatan, KSOP Tanjungbalai, Pelindo I Cabang Tanjungbalai dan instansi terkait lainnya.

“Insya Allah semuanya sudah siap menyambut warga kita yang akan pulang dari Malaysia pada beberapa hari kedepan, semoga berjalan lancar dan aman,” kata wali kota.

Wali kota meminta masyarakat berdoa supaya TKI/WNI yang akan tiba dari Malaysia nantinya dalam keadaan sehat dan terhindar dari wabah Covid-19.

Sesuai surat pemberitahuan pemulangan TKI ditandangani Wali Kota Tanjungbalai, pemulangan 440 TKI/WNI dijadwalkan dalam tiga tahap. 150 orang pertama berangkat pada Selasa (12/5), 150 orang lagi ada Jumat (15/5), dan tahap terakhir Senin (18/5).

Ka. KSOP Tanjungbalai Asahan, Afrizal Tanjung menjelaskan pihaknya tidak ada persiapan khusus karena semuanya tetap berjalan sesuai SOP sebagaimana biasa.

Tanjungbalai siap

Menurutnya, sepanjang Pemerintah Malaysia dan Dirjenhubla mengizinkan, dan Pemko Tanjungbalai siap baik sarana dan prasarananya sesuai dengan SOP Covid 19, maka KSOP wajib melayani.

Menurut Afrizal, rencananya pemulangan TKI/WNI akan dilakukan pada Rabu (13/5), namun sampai saat ini belum ada surat pemberitahuan dari Malaysia.

Informasi dari wali kota papar Afrizal, negara Malaysia sedang sibuk melaksanakan Maulid Nabi Muhammad SAW. “Mungkin besok sudah diproses,” ujar Afrizal singkat.

Terkait konfirmasi pihak Malaysia soal pengoperasian Pelabuhan Port Klang umum, Afrizal menjelaskan belum ada informasi.

Untuk saat ini ungkapnya, pihak pemerintah sudah menunjuk tiga pelabuhan secara resmi dibuka untuk menerima para TKI, antara lain, Pelabuhan Batam, Tanjungbalai Karimun, dan Dumai. (A22/A21).

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2