Waspada
Waspada » Syahrul Pasaribu Silaturahmi Ramadhan Di Angkola Selatan
Sumut

Syahrul Pasaribu Silaturahmi Ramadhan Di Angkola Selatan

SYAHRUL Pasaribu santuni anak yatim pada saat Silaturahmi Ramadhan bersama IPHI Tapsel dan pengurus Ponpes Modern Al Abror. Waspada/Sukri Falah Harahap
SYAHRUL Pasaribu santuni anak yatim pada saat Silaturahmi Ramadhan bersama IPHI Tapsel dan pengurus Ponpes Modern Al Abror. Waspada/Sukri Falah Harahap

TAPSEL (Waspada): H. Syahrul M. Pasaribu, Bupati Tapanuli Selatan periode 2010-2015 dan 2016-2021, lakukan Silaturahmi Ramadhan dengan IPHI Tapsel dan masyarakat di Pondok Pesantren Modern Al Abror, Siondop Julu, Desa Sihuik Kuik, Kecamatan Angkola Selatan, Senin (26/4)

Hadir pimpinan dan pengurus Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Tapsel, keluarga besar Ponpes Modern Al Abror, tokoh masyarakat, santri dan anak yatim.

Sulaiman Harahap, Ketua IPHI Tapsel yang juga pimpinan Ponpes Modern Al Abror, mengaku kaget dan terharu ketika menerima kabar bahwa Syahrul Pasaribu akan Silaturahmi Ramadhan dengan mereka.

“Saya sempat berpikir begini, beliau itu kan sudah pensiun, kenapa masih mau bersilaturahmi dengan kami warga Tapsel yang pernah dipimpinnya,” kata Sulaiman.

Dia tersadar setelah mengingat-ingat dan membaca berita media. Ternyata Syahrul Pasaribu selalu menjaga silaturahmi dengan warga yang berjasa dan pernah dipimpinnya. Seperti selama ini dengan warga Kota Pematangsiantar dan Kabupaten Simalungun yang mendukungnya hingga dua kali menjadi anggota DPRD Sumatera Utara dari Dapil itu.

Sulaiman menceritakan, selama dua periode dipimpin Syahrul, perhatian Pemkab Tapsel kepada calon jamaah haji yang akan diberangkatkan ke tanah suci sangat besar. Demikian juga terhadap IPHI.

Kepada Ponpes Modern Al Abror, perhatian Syahrul juga cukup banyak. Bukan saat menjabat bupati saja, tapi juga sebelum pencalonannya di periode pertama atau semasih menjadi anggota DPRD Sumut.

“Saat pak Syahrul Bupati Tapsel, pesantren ini mendapat banyak perhatian pemerintah daerah, provinsi dan pusat. Seperti pembangunan aula, asrama, masjid dan fasilitas lainnya. Kegiatan pemerintahan sering dipusatkan di sini,” ujarnya.

Untuk kepentingan masyarakat Kecamatan Angkola Selatan, pembangunan paling nyata adalah hotmix ruas jalan dari Batas Kota Sidimpuan sampai ke Gua Asom. Tinggal sedikit lagi agar tersambung ke Bukkas dan koridor Jalan Nasional Pantai Barat Tapsel-Madina di Danau Siais.

Terhadap pesantren, pembangunan jalan ini sangat berdampak positif. Generasi muda Islami lebih banyak terdorong untuk sekolah dan jadi santri pesantren ini. Sebelum Tapsel dipimpin Syahrul, ruas jalan ini sangat hancur dan butuh waktu 3 ke 4 jam dari Sidimpuan, sekarang hanya 30 menit.

Bahkan sepuluh tahun yang lalu, setiap orangtua santri mengantar anaknya ke Pesantren terpaksa menginap, karena jikan kembali ke Sidimpuàn atau ketempat asalnya cukup sulit. Jalan rusak dan hari sudah malam serta gelap gulita. Saat itu jumlah santri masih puluhan dan sekarang sudah ratusan.

“Kami saksi, selama10 tahun kepemimpinan Bupati Syahrul, akselerasi percepatan pembangunan Tapsel khususnya di Angkola Selatan sangat maju,” tegas Sulaiman

Apabila masih ada yang mengatakan pilih kasih, katanya, berarti orang tersebut kurang banyak keliling Tapsel atau belum sempat melihat kondisi Tapsel secara menyeluruh sebelum dipimpin Syahrul. Hal ini menjadi tanda tanya besar bagi Sulaiman, apalagi jika dilihat kemajuan di Angkola Selatan saat ini.

Senada dikatakan Ramadhansyah Nasution dari yang mewakili tokoh masyarakat. Katanya, kehadiran Syahrul ini sekaligus pengobat rindu mereka kepada pemimpin yang pada masanya banyak mewujudkan perubahan kemajuan pembangunan, khususnya di Angkola Selatan.

“Sebetulnya kami sedih kenapa harus berpisah dengan pak Syahrul. Hari ini kami senang karena bapak masih ingat masyarakat meskipun sudah tidak menjabat Bupati Tapsel lagi,” kata Madhan.

Ditambahkannya, setelah di pimpin Syahrul, jalan dari batas kota sampai Gua Asom sudah dibangun. Padahal sebelumnya ruas jalan ini sangat hancur. Ruas jalan menanjak Bukit Nanas selalu langganan kecelakaan merenggut jiwa. Ketika itu Siondop dan Sihuik-kuik benar-benar terpencil.

Sedangkan Ketua Forum Komunikasi Dinniyah Takmiliah (FKDT) Furqon Sipahutar mengatakan, setelah Tapsel dipimpin Syahrul, guru-guru madarasah mendapat insentif sebesar Rp300 ribu per bulan.

Menanggapi ini, Syahrul meminta segenap masyarakat memelihara hasil-hasil pembangunan itu serta menjaga kekompakan dan sinergitas. Khusus kekompakan ulama dan umaro harus tetap dilanjutkan.

Dijelaskannya, silaturahmi merupakan satu kebutuhan dan kebiasaan baginya. Terkhusus dengan orang-orang yang pernah berjasa dan terikat silaturahmi dengannya.

Kepada IPHI Tapsel, diminta tetaplah kompak dan bisa menjadi pencerah di tengah-tengah masyarakat. Kepada anak yatim diharap jangan menyesali kehidupan. Tetap semangat menuntut ilmu dan doakan orangtua yang telah meninggal dunia. “Tolong juga doakan saya dan keluaga,” ujarnya sembari menyerahkan taliasih dan kain sholat.

Terkait pembangunan, Syahrul mengaku sudah bekerja maksimal dan memberi yang terbaik bagi masyarakat Tapsel walaupun belum sempurna secara keseluruhan. Apabila masih ada yang tidak puas, itu lumrah karena sifat manusiawi.

“Jika ditanya, saya sendiripun belum puas karena sulitlah memuaskan masyarakat secara keseluruhan. Saat ini siapapun pemimpinnya, pasti menghadapi kondisi finansial pemerintahan daerah yang buruk akibat Pandemi Covid-19,” jelasnya.

Apa yang sudah baik selama ini, Syahrul minta tolong agar dijaga dan dirawat terus. Beri dukungan kepada pemimpin Tapsel saat ini. Yakinkan rakyat bahwa pemerintah selalu berpikir yang terbaik bagi rakyat dan daerahnya. Kemudian jalin terus silaturahmi.

“Saya datang kemari bukan karena ada agenda politik, tetapi semata-mata untuk memelihara persaudaraan. Saya hadir karena kerinduan dan keinginan kuat untuk terus menjalin silaturahmi dengan saudaraku semua,” terang Syahrul.

Pada kesempatan itu, Syahrul dan keluarga serahkan zakat harta Rp 20 juta ntuk pembangunan asrama santriwati Ponpes Modern Al Abror. (a05)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2